Dokumen Transaksi Yang Diperlukan Dalam Pengelolaan Utang ~ Matematika Akuntansi -->

Monday, May 15, 2017

Dokumen Transaksi Yang Diperlukan Dalam Pengelolaan Utang

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Dokumen Transaksi Yang Diperlukan Dalam Pengelolaan Utang, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !
Contoh Kartu Utang
Kartu utang adalah salah satu sarana untuk mencatat adanya mutasi utang secara terperinci pada tiap-tiap kreditur. Dalam perusahaan yang menyelenggarakan kartu utang, kartu utang berfungsi sebagai tempat mencatat transaksi mutasi utang setiap kreditur. Dokumen transaksi yang diperlukan dalam pengelolaan kartu utang adalah, sebagai berikut :
  1. Faktu yang diterima dari kreditur;
  2. Memo kredit yang diterima dari kreditur;
  3. Bukti pengeluaran kas untuk membayar utang.

1. Faktu yang diterima dari kreditur

Fakur yang diterima dari kreditur merupakan dokumen transaksi pembelian barang dengan pembayaran kredit. Dokumen ini dicatat dalam kartu utang sebagai mutasi kredit.

2. Memo kredit yang diterima dari kreditur

Memo kredit yang diterima dari kreditur merupakan bukti tranksi pembelian retur, yaitu jika sebagian barang yang diterima dikembalikan kepada pemasok karena tidak cocok dengan pesanan. Bisa juga dalam bentuk pengurangan harga faktur, misalnya karena barang yang diterima sebagian ada yang rusak sehingga pemasok setuju untuk mengurangi harga faktur. Memo kredit yang diterima dari kreditur dicatat dalam kartu utang sebagai mutasi debet.

3. Bukti pengeluaran kas untuk membayar utang

Bukti pengeluaran kas untuk membayar utang bisa berbentuk kuitansi yang ditandatangani kreditur, atau tembusan bukti pengeluaran kas (voucher) yang digunakan sebagai pemberitahuan pembayaran kepada kreditur. Dokumen tersebut dicatat dalam kartu utang sebagai mutasi debet.

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.
Referensi :
  • Modul Akuntansi 2B untuk SMK dan MAK (Dwi Harti) 
Saya sarankan untuk baca artikel di bawah ini :

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇