Strategi Pemecahan Masalah Dengan Mengenali Tujuan Perantara ~ Matematika Akuntansi -->

Saturday, December 3, 2016

Strategi Pemecahan Masalah Dengan Mengenali Tujuan Perantara

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Strategi Pemecahan Masalah Dengan Mengenali Tujuan Perantara, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !

Strategi Pemecahan Masalah Dengan Mengenali Tujuan Perantara

Banyak masalah di matematika maupun kehidupan yang mempunyai jawaban dan penyelesaian yang bertahap. Kita harus dapat melihat tahapan ini.

Contoh soal :

Tuliskan angka 1 sampai dengan 9 pada kotak berikut agar jumlah setiap baris, jumlah setiap kolom, jumlah dua diagonal utama adalah sama !!!!
Persegi Ajaib

Jawaban :

1. Memahami Soal

Kita perlu meletakan bilangan 1, 2, 3, ... , 9 di kotak - kotak kecil, setiap kotak berisi angka berbeda sehingga jumlah setiap baris, kolom dan dua diagonal utama sama. 

2. Merencanakan Strategi

Sebelum kita dapat meletakan bilangan tersebut, maka kita harus mengetahui beberapa jumlah tiap baris, kolom dan dua diagonal utama. Ini merupakan tujuan perantara dari masalah di atas. Jumlah ketiga baris menggunakan angka berbeda dari 1, 2, 3, ... , 9 sama dengan jumlah :
1 + 2 + .... + 9 = (9 . 10)/2 = 45

Kemudian, jumlah satu baris adalah 1/3 jumlah di atas, diperoleh 15. Selanjutnya, kita dapat menganalisa sebagai berikut. Di kotak tengah, terpakai 4 kali, yaitu dua diagonal utama, satu kolom dan satu baris. Sedangkan angka di ujung akan dipakai sebanyak 3 kali (diagonal utama, satu kolom, dan satu baris). Oleh karena itu tujuan perantara kedua adalah menuliskan 15 sebagai jumlah tiga bilangan. Dikotak tengah kita isi dengan bilangan yang terpakai 4 kali dalam penjumlahan memperoleh 15.

3. Melaksanakan Strategi

Kita harus menuliskan bilangan 15 sebagai jumlah dari 3 bilangan di {1, 2, ... , 9}. Secara sistematis, hasilanya adalah :
15 = 9 + 5 + 1
15 = 9 + 4 + 2
15 = 8 + 6 + 1
15 = 8 + 5 + 2
15 = 8 + 4 + 3
15 = 7 + 6 + 2
15 = 7 + 5 + 3
15 = 6 + 5 + 4

dan kombinasi yang hanya berbeda urutan dengan jumlah di atas. Kemudian, kita hitung jumlah dari masing-masing angka.

 Bilangan yang muncul empat kali (yaitu 5) harus terletak di tengah. Sedangkan bilangan yang muncul tiga kali adalah 2, 4, 6, 8 harus muncul di ujung kotak.

4. Melihat Kembali

Persegi ajaib ini mempunyai banyak kemunkinan karena susunan 2, 4, 6, 8 di ujung mempunyai kemungkinan lebih dari satu.

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Saya sarankan baca artikel di bawah ini :
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb. 
Referensi :
  • Buku olimpiade matematika (Wono Setya Budhi Ph. D)

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇