Strategi Pemecahan Masalah Dengan Memandang Hal Yang Khusus ~ Matematika Akuntansi -->

Saturday, December 3, 2016

Strategi Pemecahan Masalah Dengan Memandang Hal Yang Khusus

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Strategi Pemecahan Masalah Dengan Memandang Hal Yang Khusus, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !

Strategi Pemecahan Masalah Dengan Memandang Hal Yang Khusus

Dalam menyelesaikan soal, seringkali kita dapat langsung melihat yang sangat umum. Mulai dari dengan hal yang khusus, kita akan memperoleh hasil. Kemudian, harapannya kita dapat melanjutkan yang lebih rumit.

Contoh Soal :

Pada jaman dahulu ada seorang yang beruntung mendapat tawaran sebidang tanah dari Dermawan. Jumlah tanah yang akan diberikan adalah seuas daerah tertutup yang di batasi oleh jejak jalan sejak matahari terbit sampai terbenam. Tentukan luas tanah yang diberikan !!!

Jawaban :

1. Memahami Soal

Soal ini sangat komleks dengan jawaban yang mempunyai banyak kemungkinan. Hal-hal penting yang perlu diperhatikan adalah :
  1. Berapa cepat orang tersebut berjalan ? ;
  2. Kecepatan berjalan bergantung pada situasi tanah ; 
  3. Pada beberapa daerah, waktu matahari terbit sampai dengan tenggelam bergantung pada matahari ; 
  4. Bagaimana dengan bentuk lintasan orang berjalan ? ;
  5. Jika diketahui panjang lintasan, bagaimana dengan menghitung luas daerah ?

2. Merencanakan Strategi

Strategi yang akan kita pakai adalah perama asumsikan dahulu hal-hal agar menjadi sederhana. Setelah hal yang sederhan dapat diselesaikan, maka dapat dicoba menyelesaikan beberapa hal yang lebih rumit. Untuk saat permulaan, kita hanya akan menyelesaikan masalah yang lebih sederhana, misalkan orang tersebut akan berjalan 3 km/jam, jalan terletak pada daerah yang berkotak dengan bentuk persegi dengan ukuran 1/16 km dan kita anggap bahwa waktu dari matahari terbit sampai dengan matahari terbenam adalah 12 jam, dan orang tersebut berjalan mengelilingi persegi.

3. Melakukan Strategi

Jika seseorang dapat beralan 3 km/jam selama 12 jam, maka ia menempuh sepanjang 36 km. Dalam ukuran kotak yang tersedia, maka ia menempuh 36 x 16 kotak, tetapi ini merupakan keliling dari persegi. Jadi ukuran persegi adalah (36 x 16)/4 = 144 kotak. Jadi, kotak yang merupakan bagian dari tanah yang diberikan sebanyak 144 x 144 = 20736 kotak atau 20736 x (1/16) x (1/16) = 81 km2.

4. Melihat Kembali

Perhitungan serupa juga dapat dilakukan jika diketahui daerah berbentuk persegi panjang dengan perbandingan antara panjang dan lebar diketahui.

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Saya sarankan baca artikel di bawah ini :
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.
Referensi :
  • Buku Olimpiade Matematika ( Wono Setya Budhi Ph. D)

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇