Strategi Pemecahan Masalah Dengan Memanfaatkan Kesimetrian ~ Matematika Akuntansi -->

Monday, December 5, 2016

Strategi Pemecahan Masalah Dengan Memanfaatkan Kesimetrian

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Strategi Pemecahan Masalah Dengan Memanfaatkan Kesimetrian, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !

Strategi Pemecahan Masalah Dengan Memanfaatkan Kesimetrian

Banyak soal di matematika mempunyai keadaan yang menguntungka yaitu mempenyai bentuk simetri. Seringkali keadaan ini dapay dimanfaatkan untuk menyelesaikan soal yang ada.

Contoh :

Tanpa menyelesaikan persamaan berikut :
(x2/u2) + (y2/(u2 - b2)) + (z2/(u2 - c2)) = 1
(x2/v2) + (y2/(v2 - b2)) + (z2/(v2 - c2)) = 1
(x2/p2) + (y2/(p2 - b2)) + (z2/(p2 - c2)) = 1

Hitunglah x2 + y2 + z2 !!!

Jawaban :

Perhatikan persamaan pangkat tiga atau kurang dalam t dengan bentuk :
(x2/t) + (y2/(t - b2)) + (z2/(t - c2)) = 1

Persamaan ini mempunyai tiga akar yaitu u2, v2, dan p2. Dengan menuliska persamaan ini dalam bentuk At3 + Bt3 + Ct + D = 0, untuk itu, pertama kita peroleh :
t(t - b2) (t - c2) - x2 (t - b2) (t - c2) - y2t (t - c2) - z2t (t - b2) = 0

Dengan demikian A = 1 dan B = - b2 - c2 - y2 - z2. Karena kita telah mengetahui akarnya, maka B = u2 + v2 + p2 yaitu jumlah semua akar sama dengan koefisien t2 dibagi dengan koefisien t2 atau :
x2 + y2 + z2 = u2 + v2 + p2 - b2 - c2

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Saya sarankan baca artikel di bawah ini :
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.
Referensi :
  • Buku Olimpiade Matematika (Wono Setya Budhi Ph. D)

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇