Rumus Luas Daerah Antara Dua Kurva ~ Matematika Akuntansi -->

Wednesday, November 9, 2016

Rumus Luas Daerah Antara Dua Kurva

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Rumus Luas Daerah Antara Dua Kurva, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !

Rumus Luas Daerah Antara Dua Kurva

Misalkan daerah S adalah daerah yang di batasi oleh kurva y1 = f(x), y2 = g(x), garis x = a, dan garis x = b seperti pada gambar di atas, maka luas daerah S = LTURS - LTUPQ.
maka :
S = LTURS - LTUPQ
S = ab f(x) dx - ab g(x) dx
S = ab {f(x) - g{x} dx}
jadi, luas daerah yang dibatasi oleh kurva y1 = f(x), y2 = g(x), dari x = a sampai x = b ditentukan dengan rumus :

L = ab [f(x) - g(x) dx]
dengan f(x) > g(x) dalam interval a < x < b.

Contoh soal :


Tentukan luas daerah antara kurva y = x2 + 3x dan y = 2x + 2 !!!

Jawab :
Titik potong kedua kurva yaitu :
x2 + 3x = 2x + 2
x2 + 3x - 2x = 2x + 2 - 2x
x2 + x =  2
x2 + x - 2 =  2 - 2
x2 + x - 2 =  0
(x + 2)(x - 1) = 0
x = -2 atau x = 1
L = ab [f(x) - g{x} dx]
L = -21 [ (x2 + 3x) - (2x + 2) dx ]
L = -21 [ (x2 + 3x - 2x - 2) dx ]
L = -21 [ (x2 + x - 2) dx ]
L = 4(1/2) satuan luas

Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇