Cara Menentukan Posisi Kecepatan dengan Integral ~ Matematika Akuntansi -->

Monday, November 7, 2016

Cara Menentukan Posisi Kecepatan dengan Integral

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Cara Menentukan Posisi Kecepatan dengan Integral, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !
Kecepatan Integral

Cara Menentukan Posisi Kecepatan dengan Integral

Untuk menentukan posisi, kecepatan, dan percepatan suatu benda pada waktu tertentu. Misalnya s menyatakan posisi benda, kecepatan benda dinyatakan dengan v, dan percepatan benda dinyatakan dengan a. Hubungan antara v, s, dan a adalah sebagai berikut :

v = ds/dt sehingga s = ∫ v dt dan a = dv/dt sehingga v = ∫ a dt

Untuk caranya fahami saja contoh di bawah ini :

Sebuah benda bergerak pada garis lurus dengan percepatan a yang memenuhi persamaan a = 2t - 1, a dalam m/s2 dan t dalam detik. Jika kecepatan awal benda v = 5 m/s dan posisi benda saat t = 6 adalah s = 92m, maka tentukan persamaan posisi benda tersebut saat t detik !

Jawab :

a = 2t - 1
v = ∫ a dt
v = ∫(2t - 1)dt
v = t2 - t + c

Kecepatan awal benda 5ms-1, artinya saat t = 0 nilai v = 5
vt = 0 = 5
02 - 0 + c = 5
c = 5

Sehingga,
v = t2 - t + 5
s = ∫ v dt
s = ∫(t2 - t + 5 )dt
s = t3/3 - t2/2 + 5t + d

Untuk st = 6 = 92
63/3 - 62/2 + 5(6) + d = 92
72 - 18 + 30 + d = 92
84 + d = 92
d = 8

Jadi, persamaan posisi benda tersebut saat t detik dirumuskan dengan :
s = t3/3 - t2/2 + 5t + 8

Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇