Teorema Ramsey (Kombinatorik) ~ Matematika Akuntansi -->

Thursday, December 1, 2016

Teorema Ramsey (Kombinatorik)

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Teorema Ramsey (Kombinatorik), Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !

Teorema Ramsey (Kombinatorik)

Salah satu pernyataan yang berkaitan dengan teorema ramsey adalah :

"Jika ada 6 orang atau lebih, maka ada 3 orang yang saling mengenal, atau ada 3 orang yang tidak saling mengenal.

Pernyataan tersebut ekuivalen dengan contoh di bawah ini :

Contoh :

Jika ada 6 titik (atau lebih) dan masing-masing titik dihubungkan dengan garis yang diwarnai merah atau biru. Perlihatkan bahwa selalu ada 3 titik yang saling dihubungkan garis dengan warna sama !!!

Jawaban :


Diantara AB, AC, AD, AE, AF lima garis ini selalu ada tiga yang berwarna sama. Misalkan AB, AC, AD semuanya berwarna merah.
Jika salah satu dari BC, CD, BD berwarna merah, misalkan CD merah, maka 3 titik A, C, D dihubungkan dengan garis-garis merah. Dalam hal lain (yaitu BC, CD, BD semuanya biru), maka ketiga titik B, C, D tiga titik yang dihubungkan oleh tiga garis biru.
Pertanyaannya kemudian, jika jumlah titik diganti dengan 5, apakah kesimpulan bahwa ada tiga titik yang berwarna sama tetap berlaku. Pada gambar diperlihatkan 5 titik dengan 10 garis yang menghubungkan tetapi tidak ada 3 titik yang dihubungkan dengan warna yang sama.
Pada kasus di atas, garis yang menghubungkan diberi warna dua macam yaitu merah atau biru. Sekarang, kita akan melihat jika garis diberi warna 3 macam.

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.
Sayarankan juga untuk membaca artikel :
Referensi :
  • Buku Olimpiade Matematika (Wono Setya Budhi Ph. D)

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇