Rumus Permutasi Siklis ~ Matematika Akuntansi -->

Wednesday, November 30, 2016

Rumus Permutasi Siklis

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Rumus Permutasi Siklis, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !

Permutasi Siklis

Misalkan kita mempunyai tiga orang a, b, dan c. Jika mereka duduk berjajar 3 orang, maka susunan duduk menjadi :
abc, acb, bca, bac, cab, cba

Tetapi sekarang mereka duduk mengelilingi meja bundar. Berapakah banyak semua kemungkinan susunan posisi duduk mereka.
Perhatikan bahwa dalam melingkar, posisi abc, cab, bca ( menggeser semua simbol secara bersama) hanya memberikan satu posisi. Demikian pula posisi acb, cba, bac juga memberikan satu posisi. Sehingga posisi tiga orang duduk melingkar hanya ada dua, yaitu posisi abc dan acb saja. Posisi duduk melingkar ini disebut Permutasi Siklis.

Rumus Permutasi Siklis

Banyaknya permutasi (posisi) siklis dari n unsur adalah :

Psiklis (n) = n!/n = (n - 1)!

Contoh soal :

Diketahui ada 5 pemuda dan 3 pemudi duduk mengeliling meja bundar. Tentukan banyaknya kemungkinan susunan duduk mereka !!!

Jawab :
Banyaknya susunan untuk mereka duduk adalah :
Psiklis (8) = (8 - 1)!
Psiklis (8) = 7!
Psiklis (8) = 7 x 6 x 5 x 4 x 3 x 2 x 1
Psiklis (8) = 5.040

Jadi banyaknya susunan duduk mereka adalah 5.040 susunan.

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.
Referensi :
  • Buku olimpiade matematika (Wono Setya Budhi Ph. D)

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇