Buku Besar Dan Neraca Saldo Perusahaan Manufaktur ~ Matematika Akuntansi -->

Friday, May 26, 2017

Buku Besar Dan Neraca Saldo Perusahaan Manufaktur

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Buku Besar Dan Neraca Saldo Perusahaan Manufaktur, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !

Buku Besar Perusahaan Manufaktur Dalam Sistem Perpetual

Buku besar perusahaan manufaktur yang menerapkan sistem perpetual diselenggarakan dengan cara yang sama seperti buku besar pada umumnya. Seperti telah dilakukan sebelumnya, perkiraan-perkiraan buku besar yang digunakan pada dasarnya sama dengan yang digunakan perusahaan dagang. Pekiraan-perkiraan buku besar yang berbeda hanyalah yang berkaitan dengan persediaan, aktiva tetap, dan perkiraan-perkiraan yang berhubungan dengan biaya manufaktur.

Perkiraan-Perkiraan Persediaan Dalam Perusahaan Manufaktur

Perkiraan-perkiraan buku besar mengenai persediaan dalam perusahaan manufaktur meliputi :
121 Bahan dan Perlengkapan Pabrik
122 Barang Dalam Penyelesaian
126 Barang Jadi
Dibuka dengan saldo menurut Neraca Saldo per 30 November 1988. Jumlah ini merupakan saldo persediaan per 30 Nevember 1988 setelah persediaan awal 1 Januari 1988 ditambahkan dan dikurangi dengan perubahan yang terjadi dalam persediaan sampai dengan 30 November 1988. Dalam sistem perpetual perubahan-perubahan yang terjadi dalam persediaan dicatat pada perkiraan persediaan masing-masing. Karena itu selama bulan Desember 1988 dilakukan pencatatan dalam perkiraan-perkiraan persediaan ini, berdasarkan pencatatan yang telah dilakukan dalam jurnal penjualan, jurnal penerimaan kas, jurnal pembelian, jurnal pemakaian bahan, jurnal pengeluaran kas, maupun jurnal umum.

Perkiraan-perkiraan Penjualan, Piutang, Harga Pokok Penjualan, Barang Jadi, dan Kas dalam Perusahaan Maufaktur

Perkiraan-perkiraan penjualan, piutang, harga pokok penjualan, barang jadi, dan kas dibuka dengan saldo menurut neraca saldo per akhir periode sebelumnya. Perubahan-perubahan pada perkiraan-perkiraan ini terjadi sebagai akibat terjadinya transaksi yang dicatat dalam Jurnal Penjualan (JPJ), Jurnal Kas Masuk/ Jurnal Penerimaan Kas (JKM), dan Jurnal Umum (JU). Perubahan dalam perkiraan kas juga disebabkan oleh pencatatan dalam Jurnal Kas Keluar/Jurnal Pengeluaran Kas (JKK).

Perkiraan Bahan dan Perlengkapan, Utang Usaha, Barang Dalam Penyelesaian, Overhead Pabrik, dan Beban Lainnya

Perkiraan bahan dan perlengkapan, utang usaha, barang dalam penyelesaian, Overhead pabrik, dan beban lainnya dibuka dengan saldo menurut Neraca saldo akhir periode sebelumnya. Perubahan-perubahan pada perkiraan ini terjadi sebagai akibat terjadinya transaksi dicatat dalam Jurnal Pembelian (JPB), Jurnal Pengeluaran Kas/Jurnal Kas Keluar (JKK), Jurnal Pemakaian bahan (JBB), dan jurnal umum (JU). Pencatatan dalam jurnal pengeluaran kas (JKK) juga mempegaruhi perkiraan kas.

Contoh :
Jurnal Penualan :
Jurnal Pembelian :
Jurnal Penerimaan Kas :
Jurnal Pengeluaran Kas :
Jurnal Pemakaian Bahan Baku :
Jurnal Umum :

Maka buku besar atas jurnal jurnal diatas adalah :




























Neraca Saldo

Maka neraca saldonya adalah :
Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.
Referensi :
  • Buku siklus akuntansi perusahaan manufaktur (Kelas 3 smester 5 dan 6)
Saya sarankan untuk membaca juga :

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇