Macam-Macam Persediaan Dalam Perusahaan Manufaktur ~ Matematika Akuntansi -->

Wednesday, May 17, 2017

Macam-Macam Persediaan Dalam Perusahaan Manufaktur

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Macam-Macam Persediaan Dalam Perusahaan Manufaktur, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !

Perusahaan yang melakukan kegiatan usaha manufaktur mempunyai tiga jenis persediaan yaitu :
  1. Persediaan bahan;
  2. Persediaan barang dalam penyelesaian;
  3. Persediaan barang jadi.

1. Persediaan Bahan

Persediaan bahan baku
Perkiraan persediaan ini, sering disebut sebagai persediaan bahan baku atau persediaan bahan dan perlengkapan, menunjukan harga pokok bahan baku dan perlengkapan pabrik yang akan digunakan dalam proses produksi. Hal ini berarti bahwa perkiraan ini menunjukan nilai persediaan bahan dan perlengkapan pabrik pada suatu saat tertentu.

Terkadang perkiraan persediaan bahan baku hanya digunakan untuk persediaan bahan baku saja. Dalam hal ini perlengkapan pabrik dinyatakan pada perkiraan tersendiri atau digabungkan dengan perlengkapan kantor.

Begitu bahan baku dikeluarkan dari gudang dan digunakan dalam proses produksi, harga pokoknya tidak lagi merupakan bagian dari persediaan tetapi menjadi biaya bahan langsung. Begitu juga dengan pemakaian bahan tidak langsung. Begitu terdapat pemakaian bahan tidak langsung, harga pokoknya tidak lagi merupakan bagian dari persediaan, tetapi menjadi biaya bahan tidak langsung yang merupakan bagian dari overhead pabrik. 

2. Persediaan Barang Dalam Penyelesaian

Barang dalam penyelesaian
Persediaan barang dalam penyelesaian, yang sering juga disebut sebagai persediaan barang dalam proses, menggambarkan biaya bahan langsung, tenaga kerja langsung, dan overhead pabrik atas barang sudah mulai dikerjakan tetapi belum selesai sebagai barang jadi pada akhir periode yang bersangkutan atau pada saat tertentu lainnya. Dengan demikian perkiraan ini menggambarkan nilai persediaan dari barang yang masih dalam proses produksi pada saat tertentu.

3. Persediaan Barang Jadi

Persediaan barang jadi
Perkiraan persediaan barang jadi menggambarkan harga pokok barang yang telah selesai dikerjakan dan siap dijual. Perkiraan ini sejalan dengan perkiraan persediaan barang dagangan dalam perusahaan dagang. Barang yang telah dijual selama satu periode tertentu dikeluarkan dari perkiraan ini dan menjadi harga pokok yang dijual.

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.
Referensi :
  • Buku Siklus Akuntansi Perusahaan Manufaktur (kelas 3 untuk semester 5 dan 6)
Saya sarankan untuk membaca juga :

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇