Manajemen dan Pengendalian Kas ~ Matematika Akuntansi -->

Thursday, April 13, 2017

Manajemen dan Pengendalian Kas

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Manajemen dan Pengendalian Kas , Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !
Manajeman dan pengendalian sangat sekali penting dilakukan pada kas perusahaan. Karena dengan demikian kas prusahaan akan terjamin ke amanannya dan transparan penggunaannya.

Sistem menajemen dan pengendalian kas

Pengendalian internal terhadap kas dapat dilakukan dengan menerapkan sistem berikut :

1. Penggunaan Rekening Bank

Rekening bank adalah sebuah rekening yang dimiliki oleh nasabah bank tersebut untuk menyimpan uangnya. Begitu banyak uang prusahaan sehingga tidak memungkinkan untuk di simpan di prusahaan semua. Maka dari itu uang prusahaan dalam jumlah besar di simpan di bank dengan bentuk rekening. Rekening tersebut bisa berbentuk tabungan atau juga bisa berbentuk rekening giro.

2. Transfer Dana Elektronik

Transfer dana elektronik ialah pemindahan dana dari pihak satu ke pihak lain yang berbasis komputer. Jadi pada zaman modern ini kita tidak perlu membawa banyak uang untuk memindahkan kepemilikannya kepada orang lain, namun di era modern ini kita hanya tinggal memindahkan saldo dalam bentuk tulisan saja yang berbasis komputer sehingga sangat sekali bermanfaat dalam keamaanan pemindahan uang.

3. Sistem Kas Kecil

Sistem kas kecil ialah sebuah sistem yang dimana prusahaan akan menyisakan sedikit uangnya dalam prusahaan untuk keperluan yang relatif kecil nilai uangnya. Jadi setiap prusahaan besar pasti akan menyetorkan uangnya ke bank, namun tidak semua uang prusahaan disetorkan ke bank. Prusahaan pun menyisakan sedikit uangnya untuk keperluan yang rutin dan jumlahnya kecil.

4. Proteksi Fisik atas Saldo Kas

Pengendalian fisik tidak hanya melalui pemisahan fungsi penerimaan saja, pengeluaran dan pencatatan saja, tetapi perlindungan secara fisik kas yang disimpan di prusahaan dan kas di bank. Perlindungan tersebut bisa dilakukan dengan cara menyediakan lemari besi atau lemari brankas.

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.
Referensi :
  • Modul Akuntansi 2A untuk SMK dan MAK (Dwi Harti)
Baca juga artikel terkait :

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇