Kasus yang Mempengaruhi Perbedaan Saldo Kas Bank ~ Matematika Akuntansi -->

Sunday, April 16, 2017

Kasus yang Mempengaruhi Perbedaan Saldo Kas Bank

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Kasus yang Mempengaruhi Saldo Kas Bank , Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !
Berikut ini kasus-kasus yang dapat mempengarhi saldo kas di bank prusahaan :

A. Menurut Catatan Prusahaan

  • Penerimaan yang sudah dicatat oleh bank, tapi belum dicatat oleh prusahaan.
    Contoh :
    • Transfer bank;
    • Jasa giro;
    • Hasil inkaso bank.
  • Kesalahan mencatat pengeluaran terlalu besar,
  • kesalahan mencatat penerimaan terlalu rendah,
  • Pengeluaran yang sudah dicatat oleh bank, namun belum dicatat oleh prusahaan.
    Contoh :
    • Biaya administrasi bank
    • Cek ditempat, yaitu pengambilan uang dari bank tidak mempergunakan cek, melainkan menggunakan formulir khusus bank.
  • Kesalahan mencatat pengeluaran terlalu rendah,
  • Kesalahan mencatat penerimaan terlalu tinggi,
  • Setoran cek yang ditolak

B. Menurut Catatan Bank

  • Setoran yang sudah dicatat oleh prusahaan, tapi belum dicatat oleh bank.
    Contoh :
    • Setoran dalam proses;
    • Penerimaan tagihan belum disetor ke bank.
  • Kesalahan mencatat pengeluaran terlalu tinggi, 
  • Kesalahan mencatat penerimaan terlalu rendah,
  • Pengeluaran yang sudah dicatat oleh prusahaan, namun belum dicatat oleh bank.
    Contoh : cek dalam peredaran
  • Kesalahan mencatat pengeluaran terlalu rendah,
  • Kesalahan mencatat penerimaan terlalu tinggi.

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.
Referensi :
  • Modul Akuntansi 2A untuk SMK dan MAK (Dwi Harti) 
Baca juga artikel terkait :

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇