Persediaan di Prusahaan Dagang dan Manufaktur ~ Matematika Akuntansi -->

Saturday, May 6, 2017

Persediaan di Prusahaan Dagang dan Manufaktur

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Persediaan di Prusahaan Dagang dan Manufaktur , Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !

A. Persediaan di Prusahaan Dagang

Barang Dagang
Persediaan di prusahaan dagang disebut persediaan barang dagang (Merchandise Inventory). Persediaan barang dagang adalah persediaan yang dibeli dengan tujuan untuk dijual kembali tanpa mengubah barang tersebut dalam operasi prusahaan.

Transaksi yang berhubungan dengan persediaan barang dagang

Berikut ini transaksi-transaksi yang berhubungan dengan persediaan barang dagang :
  1. Pembelian barang dagang (Secara tunai maupun kredit);
  2. Penjualan barang dagang (Secara tunai maupun kredit);
  3. Retur pembelian dan potongan harga;
  4. Retur penjualan dan potongan harga;
  5. Beban angkut pembelian;
  6. Beban angkut penjualan;
  7. Perlakuan PPN dan PPnBM.

B.  Persediaan di Prusahaan Manufaktur

Bahan Baku
Ada 3 jenis persedian dalam prusahaan manufaktur :
  1. Persediaan bahan baku
  2. Persediaan barang dalam proses
  3. Persediaan barang jadi

1. Persediaan Bahan Baku (Raw Material Inventory)

Persediaan bahan baku adalah suatu barang yang diperuntukan sebagai bahan baku yang kemudian akan diproses menjadi barang jadi atau setengah jadi.

2. Persediaan Barang Dalam Proses (Work in Process Inventory)

Persediaan barang dalam proses adalah bahan yang telah diproses tetapi masih belum menjadi produk jadi.

3. Persediaan Barang Jadi (Finished Goods Inventory)

Persediaan barang jadi adalah barang yang siap untuk dijual.

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.
Referensi :
  • Modul Akuntansi 2B untuk SMK dan MAK (Dwi Harti) 
Baca juga artikel terkait :

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇