Perhitungan Fisik Persediaan Barang Dagang Secara Periodik (Stock Opname) ~ Matematika Akuntansi -->

Monday, May 8, 2017

Perhitungan Fisik Persediaan Barang Dagang Secara Periodik (Stock Opname)

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Perhitungan Fisik Persediaan Barang Dagang Secara Periodik, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out

Perhitungan fisik persediaan barang dagang secara periodik disebut stock opname. Stock opname dilakukan dengan tujuan mengetahui kesesuaian antara pencatatan pada persediaan barang dagang dan jumlah fisik barang dagang di dalam gudang.

Contoh Format Stock Opname

Di bawah ini adalah contoh format stock opname :

Sistem Pengendalian Intern Perhitungan Fisik Persediaan Barang Dagang

Perhitungan fisik persediaan barang dagang harus dikendalikan dan diawasi dengan baik melalui pengendalian intern. Beriktu ini adalah sistem pengendalian intern perhitungan fisik persediaan barang dagang :
  • Petugas perhitungan persediaan bukan merupakan petugas gudang dan bukan pemegang kartu persediaan;
  • Rekapitulasi perhitungan persediaan harus diotorisasi oleh koordinator perhitungan persediaan;
  • Semua penyesuaian harus dicatat dengan benar;
  • Kartu perhitungan persediaan bernomor untit cetak;
  • Peralatan untuk mengukur harus terjamin ketelitiannya;
  • Pelaksanaan perhitungan harus terjamin keindependenannya.

Dokumen yang digunakan dalam Perhitungan Fisik Persediaan

Berikut ini dokumen yang digunakan dalam perhitungan fisik persediaan, adalah sebagai berikut :
  • Kartu perhitungan persediaan ;
  • Rekapitulasi perhitungan persediaan;
  • Bukti memorial.

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Akhir kata wassalamualiakum wr. wb.
Referensi :
  • Modul Akuntansi 2B untuk SMK dan MAK (Dwi Harti)
Baca juga artikel terkait :

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇