Microsoft Excel adalah suatu aplikasi yang paling sering digunakan di kantor dibanding Ms. Office yang laiinya. Mengapa demikian ? Hal tersebut disebabkan karena kelebihan Ms. Excel dalam mengolah suatu data. Kali ini kami ingi berbagi pengalaman kami dalam mempelajari Ms. Excel sehingga menjadi lebih mudah untuk difahami.
Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan dalam belajar microsoft excel, diantaranya adalah :
1. Memiliki Tujuan
Jika anda ingin cepat dalam mempelajari Ms. Excel, maka anda harus memiliki tujuan untuk mempelajari hal tersebut. Karena dengan memiliki tujuan yang jelas, maka anda akan memiliki motivasi dalam mempelajari Ms. Excel.
Misalnya anda belajar Ms. Excel dengan tujuan ingin bisa menganalisis suatu kejadian sehingga ketika nanti anda bekerja pada suatu perusahaan, anda akan menempati bagian pekerjaan yang berkaitan dengan analisis.
2. Fahami Dasar-Dasar Ms. Excel
Dalam mempelajari Ms. Excel kita harus mempelajari hal dasar terlebih dahulu. Jika anda langsung mempelajari bagian dari Ms. Excel yang sulit, maka andapun akan meresa kesulitan dalam mempelajarinya. Materi Ms. Excel yang sulit bisa dipelajari dengan mudah jika anda memahami bagian-bagian dasar dari Ms. Excel.
Bagian-bagian dasari dari ms. Excel itu misalnya seperti :
- Memahami menu-menu Ms. Excel;
- Memahami rumus-rumus dasar dalam Ms. Excel seperti penjumlahan, pengurangan, look up, dan lain sebagainya.
3. Pelajari Bagian-Bagian Ms. Excel Yang Lebih Sulit
Setelah anda mempelajar bagian dasar dari Ms. Excel, maka langkah selanjutnya adalah anda harus mempelajari bagian yang lebih sulit atau tersulit dalam Ms. Excel, bagian-bagian tersebut misalnya seperti :
- Mempelajari pivot table;
- Mempelajari Layout;
- Mempelajari VBA Excel;
- Mempelajari PowerQuery.
4. Melatih kemampuan Excel untuk Memecahkan Masalah
Setelah anda mempelajari bagian yang dasar dan yang sulit dalam Ms. Excel, maka langkah selanjutnya adalah anda harus mengasah kemampuan Ms. Excel yang telah anda pelajari untuk memecahkan masalah dalam pekerjaan anda sehari-hari, misalnya seperti :
- Membuat suatu rumus/formula Ms. Excel yang dapat mempermudah pekerjaan anda;
- Membuat suatu coding VBA untuk membantu mempercepat pekerjaan sehari-hari anda.
5. Berbagi Kemampuan Ms. Excel Kepada Orang Lain
Langkah yang terkahir dalam penyempurnaan skill Ms. Excel anda adalah berbagi ilmu kepada orang lain. Percayalah, ketika anda berbagi ilmu kepada orang lain, maka pasti ilmu anda akan semakit terasah dan semakin hebat. Media dalam berbagi ilmu kepada orang lain, mislanya :
- Mengajari orang lain secara langsung;
- Berbagi ilmu di sosial media.
Apabila ada yang ingin ditanyakan atau disampaikan, silahkan untuk menulis pada kolom komentar di bawah.
Referensi :
- Google.com
Salam,
Muhamad Pajar SidikPresident Director of (matematikaakuntansi.blogspot.com)
Email : fajarmoehamad@gmail.com
IG : @mupasid
Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇