Cara Membuat Kolom atau Baris Di Ms. Excel Menjadi Statis ~ Matematika Akuntansi -->

Wednesday, July 15, 2020

Cara Membuat Kolom atau Baris Di Ms. Excel Menjadi Statis

Ms. Excel sering digunakan untuk sharing data. Bahkan perusahaan-perusahan besar pun bertukar informasi data dengan menggunakan Ms. Excel.


Hal yang harus diperhatikan dalam bertukar data atau mengirimkan data menggunakan media Ms. Excel adalah cara penyajian data. Semakin data disajikan dengan baik, maka akan semakin mudah pula penerima informasi memahami atas pesan dari data yang dikirim oleh pengirim.

Dalam Ms. Excel banyak fitur yang berfungsi untuk memperindah cara penyajian data. Seperti halnya ketika kita ingin membuat judul kolom pada Ms. Excel terdiam/statis ketika kursor discroll atau digeser ke bawah atau ke atas dan ke kanan atau ke kiri.

Kali ini web Matematika Akuntansi akan berbagi ilmu tentang bagaimana cara membuat kolom atau baris statis atau diam ketika discroll ke bawah maupun ke atas dan ke kanan maupun ke kiri.

Untuk membuat kolom atau baris diam atau statis, kalian bisa menggunakan tools Freeze Panes. Freeze panes adalah suatu fitur dalam Ms. Excel yang berfungsi untuk membekukan atau membuat statis cell pada Ms. Excel. Jadi dengan fitur Freeze Panes kita bisa membuat tampilan cell Ms. Excel menjadi statis atau cell menjadi beku atau cell tidak akan bergerak walaupun ditarik atau disecroll ke arah mana pun.

Berikut cara menggunakan tools Freeze Panes untuk membuat cell pada Ms. Excel menjadi statis :
1. Buka aplikasi Ms. Excel;

2. Letakan kursor pada cell yang menjadi batas statis baris atau kolom yang kalian inginkan;


3. Pilih menu View Freeze Penes → klick Freeze Penes.


4. Untuk membuktikan cell sudah statis, maka coba scroll mouse ke bawa, jika hasilnya seperti gambar di bawah ini maka cell sudah statis :

Sebelum discroll :



Setelah discroll :



Keterangan tambahan :
Jika kalian ingin membuat statis hanya pada bagian judul kolom, maka block satu baris penuh yang menjadi pembatas kolom statis sebelum memilih menu freeze panes. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut :


Jika kalian ingin membuat baris statis, maka block satu kolom penuh yang menjadi pembatas baris statis yang kalian inginkan sebelum memilih menu freeze penes. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini :


Dan jika kalian ingin membuat statis pada baris dan kolom, maka letakan kursor atau block pada cell yang menjadi pembatas tampilan statis yang kalian inginkan sebelum memilih menu freeze penes. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini :


Demikian artikel kali ini.
Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Apabila ada yang ingin ditanyakan atau disampaikan, silahkan untuk menulis pada kolom komentar di bawah.

Salam,
Muhamad Pajar Sidik
President Director of (matematikaakuntansi.blogspot.com)
Email fajarmoehamad@gmail.com

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇