Cara Membuat Tampilan Ms. Excel Terbagi Menjadi Dua atau Empat Bagian ~ Matematika Akuntansi -->

Monday, July 20, 2020

Cara Membuat Tampilan Ms. Excel Terbagi Menjadi Dua atau Empat Bagian

Data yang disajikan dengan baik adalah data yang bisa dengan mudah difahami oleh pembaca. Cara penyajian data sudah menjadi hal yang penting saat ini. Di zaman sekarang cara penyajian data secara manual dengan menulis data di kertas hampir sudah tidak digunakan lagi.


Komputer menjadi suatu perubah zaman, dimana manusia bisa menyajikan data tanpa alat tulis. Ada banyak software untuk penyajian data. Namun, saat ini software yang paling populer digunakan adalah Ms. Excel. Dengan Ms. Excel kalian bisa menyajikan data dengan baik dan cepat.

Kali ini web Matematika Akuntansi akan berbagi ilmu tentang Cara Membuat Tampilan Ms. Excel Terbagi Menjadi Dua atau Empat Bagian.

Untuk membuat tampilan Ms Excel terbagi menjadi dua atau empat bagian, kalian bisa gunakan fitur Split. Split dalam Ms. Excel adalah suatu fitur yang berfungsi untuk membagi tampilan Ms. Excel menjadi 2 atau 4 bagian.

Jika kalian ingin membaca data dengan fokus tidak ke hanya satu titik, maka kalian perlu membuat tampilan data tersebut menjadi tidak fokus pada satu titik juga, artinya data yang kita tampilkan akan menampilkan lebih dari satu bagian.

Perhatikan data di bawah ini  :


Data di atas adalah data absensi kerja suatu divisi. Dalam tampilan tersebut terdapat dua data yaitu data detail absensi dan disebelahnya ada data rekapan absensinya.

Jika kalian menyajikan data dengan cara seperti gambar di atas, maka pembaca akan terasa tidak nyaman saat membaca data tersebut dikarenakan harus menggeser geser kursor, karena datanya terlalu melebar ke samping.

Dengan fitur Split kalian dapat mebagi tampilan Ms. Excel tersebut menjadi dua bagian seperti gambar di bawah ini :


Nah dengan penyajian data seperti gambar di atas, maka pembaca akan lebih nyaman ketika membaca data tersebut.

Berikut adalah cara menggunakan menu split di Ms. Excel :

  1. Buka aplikasi Ms. Excel;
  2. Buka data yang kalian ingin sajikan;
  3. Pilih menu View;
  4. Klick Split.


Maka hasilnya akan seperti ini :


Untuk membuat tampilan data menjadi sesuai keinginkan kalian, maka tarik pembatas split sesuai yang kalian inginkan, seperti gambar di bawah ini :


Demikian artikel kali ini.
Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Apabila ada yang ingin ditanyakan atau disampaikan, silahkan untuk menulis pada kolom komentar di bawah.

Salam,
Muhamad Pajar Sidik
President Director of (matematikaakuntansi.blogspot.com)
Email fajarmoehamad@gmail.com

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇