Cara Membuat Pivot Table Di Excel ~ Matematika Akuntansi -->

Thursday, December 19, 2019

Cara Membuat Pivot Table Di Excel

Data adalah suatu hal yang sangat penting dalam dunia perkantoran. Pendataan yang rapih mencerminkan nilai dari perusahaan itu tersendiri.

Ms. Excel adalah suatu alat atau aplikasi yang paling sering digunakan untuk pengolahan data. Dalam Ms. Excel kita dapat menghitung, menyortir, memfilter, menganalisa data atau masih banyak lagi hal lain yang bisa kita lakukan di Ms. Excel.

Kali ini saya akan berbagi ilmu tentang bagaimana cara membuat Pivot Table di Ms. Excel dan bagaimana cara penggunaannya.

Pengertian Pivot Table

Pivot Table adalah suatu menu dalam Ms. Excel yang dapat digunakan untuk menganalisa data. Dengan Pivot Table kita dapat menganalisa data dengan mudah.

Misalkan kita punya data seperti gambar di bawah ini :


Untuk membuat Pivot Table dari data di atas langkah yang pertama harus dilakukan adalah memblock seluruh data terlebih dahulu kemudian pilih menu InsertPivot Table.


Setelah diklick Pivot Table maka akan muncul jendela seperti gambar di bawah ini :


Pilih Existing Worksheet dan isikan “Sheet1!$F$2” pada kotak Location dan kemudian klick ok.


Maka hasilnya menjadi :


Setelah muncul tampilan Pivot Table seperti gambar di atas, maka kita dapat menganalisa datanya. Misalkan kita ingin mengetahui berapa banyak kiriman untuk daerah Kota Jakarta Pusat, maka pada Pivot Table Field List kita tarik Nama Kota ke kotak Row Label dan No Cn ke kotak Value.


Maka kita dapat dengan mudah mengetahui berapa banyak kiriman dengan tujuan daerah Kota Jakarta Pusat yaitu sebanyak 6 kiriman.

Sekian dulu ya artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada kesalahan.
Salam Blogger……

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇