Tanda Dolar dalam Excel ~ Matematika Akuntansi -->

Wednesday, December 18, 2019

Tanda Dolar dalam Excel

Dalam Ms. Excel ada simbol-simbol yang sudah ditentukan oleh programer untuk pembentukan formula Ms. Excel. Tombol dollar “$” adalah salah satu tombol yang sudah tidak asing lagi di excel. Tombol dolar ini dinamakan dengan “Absolute”.

Tombol absolute ini adalah tombol untuk mengunci rumus pada kolom, baris, cell, atau range. Jadi ketika rumus pada kolom, baris, cell, atau range di copy ke tempat lain, maka rumus tidak akan berubah.

Perhatikan contoh berikut ini :


Perhatikan gambar di atas!

Misalkan kita punya data seperti gambar diatas. Kita harus mengisi kolom keterangan dengan ketentuan jika nilai lebih dari sama dengan 80 maka LULUS dan apabila tidak maka TIDAK LULUS.

Maka kita isikan rumus berikut ini pada cell E4 :
=IF(D4<80;"TIDAK LULUS";"LULUS")


Maka hasilnya :


Kemudian copy rumus yang ada pada cell F4 ke G4, maka hasilnya menjadi :


Coba lihat pada gambar di atas pada cell G4 hasilnya adalah TIDAK LULUS sedangkan pada cell F4 adalah LULUS, padahal cell G4 adalah hasil copy paste dari cell F4

Mengapa demikian ?

Disinilah kita bisa memahami fungsi dari absolut ($).

Jika rumus ditambahkan dengan absolut atau symbol dollar, mislakan rumus menjadi :
 =IF($D4<80;"TIDAK LULUS";"LULUS")


Dan kemudian copy rumus yang ada pada cell F4 ke cell G4, maka hasilnya menjadi :


Perhatikan gambar diatas!

Nilai pada cel F4 dan G4 adalah sama yaitu sama-sama bernilai LULUS. Hal ini terjadi karena rumus pada cell F4 ditambahkan symbol dollar didepan huruf F nya.

Arti dari $F4 adalah cell F4 yang terkunci di kolom F. Jadi ketika rumus dipindahkan ke kelom lain maka rumus akan tetap menampilkan $F4.

Demikian penjelasan singkat tentang  absolute dalam Ms. Excel. Dan Masih banyak hal yang nanti akan kita kupas mengenai absolute dalam Ms. Excel.

Salam Blogger……

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇