3 penilaian kinerja karyawan ~ Matematika Akuntansi -->

Friday, October 27, 2017

3 penilaian kinerja karyawan

Pagi guys.. !
Kali ini gua bakalan berbagi artikel tentang dunia kerja nih, yaitu tentang penilai kinerja terhadap karyawan.

Apa sih yang disebut dengan kinerja . ??

Kinerja adalah sebuah kata dalam bahasa indonesia dari kata dasar "kerja" yang menerjemahkan kata dari bahasa asing prestasi. Bisa pula berarti hasil kerja. (https://id.wikipedia.org/wiki/Kinerja)

Ketika karyawan memiliki kinerja baik, maka karyawan tersebut akan diberikan bonus oleh perusahaan. Bonus yang diberikan biasanya diberi uang tambahan. Nah berikut ini ada 3 hal yang menjadi penilaian yang menentukan bahwa kinerja dari seorang karyawan baik atau buruk, diantarany adalah :

1. Produktivitas
produktivitas kerja adalah kemampuan karyawan dalam berproduksi dibandingkan dengan input yang digunakan, seorang karyawan dapat dikatakan produktif apabila mampu menghasilkan barang atau jasa sesuai dengan diharapkan dalam waktu yang singkat atau tepat. (http://skripsi-manajemen.blogspot.co.id/2011/02/pengertian-definisi-produktivitas-kerja.html)

Ketika seorang karyawan memliki produktivitas yang tinggi, maka biasanya karyawan akan mendapatkan bonus sebagai reward dari perusahaan. Tidak hanya reward mungkin bisa juga akan dinaikan jabatanya. 

Untuk meningkatkan produktivitasnya karyawan harus selalu menjaga kesehatannya jasmani dan rohaninya. Karyawan yang memiliki produktivitas yang tinggi biasanya merika tidak pernah melewatkan sarapan di pagi hari, dan tidak pernah kurang  tidur.


2. Sikap Kerja
Sikap kerja adalah keyakinan-keyakinan yang mengandung aspek kognitif, behavior, dan afektif yang merupakan kesiapan metal psikologi untuk mereaksi dan bertindak secara positif atau negatif terhadap suatu objek. (https://www.kompasiana.com/novrykadang/sikap-kerja_552abd74f17e619938d623f5)

Sikap dalam bekerja sangat berpengaruh bagi penilayan karyawan. Karyawan yang memiliki kecerdasan yang sangat tinggi akan memiliki nilai 0 dalam perusahaan jika sikap kerjanya buruk. Sikap kerja merupakan hal yang tidak bisa ditolelir dalam dunia kerja. 

Mengapa sikap kerja penting ??

Dalam dunia kerja setiap karyawan memiliki masing-masing jabatan. Jabatan dalam perusahaan memiliki tingkatan dari mulai top management sampai dengan low management. Karyawan yang memiliki jabatan di bawah harus patuh terhadap karyawan yang miliki jabatan yang lebih tinggi di atasnya. Sehingga di sini lah sikap kerja dibutuhkan. Jika karyawan memiliki sikap kerja yang buruk biasanya karyawan tersebut cenderung tidak ingin mematuhi apa yang diperintahkan atasannya, sehingga produksi perusahaan tidak berjalan dengan baik, karena apa yang diperintahkan oleh para pemimpin itu adalah merupakan apa yang harus dicapai oleh perusahaan.


3. Presensi
Prsensi artinya adalah kehadiran. Jadi presensi yang dimaksud disini adalah penilaian karyawan yang dilihat dari sisi kehadiran.

Semua perusahaan memiliki aturan, dan yang paling penting adalah aturan kehadiran karyawan dalam peruashaan. Karyawan memang miliki hak untuk tidak hadir dalam perusahaan, namun hak tersebut juga ada batasannya. Misalnya hak cuti, karyawan boleh tidak hadir karena karyawan memiliki hak atas cuti. Kemudian karyawan boleh tidak hadir dengan alasan sakit atau izin, namun jika sakit harus dilampiri dengan surat dokter dan  izin juga harus dilampiri dengan bukti-bukti tertentu bahwa karyawan-karyawan tersebut memang benar benar melakukan izin. Selain hal-hal di tersebut maka karyawan wajib hadir datang ke perusahaan.

Kehadiran sudah merupakan sebuah peraturan yang mutlak dalam perusahaan sebagaimana sebuah hukum undang-undang dalam bernegara. Setiap karyawan yang melanggar pasti akan diberi sangsi atau hukuman, baik hukuman dari mulai surat peringatan atau bahkan sampai hukuman pemecatan.

Maka dari itu jika kita ingin mendapat reward, naik gajih, dan naik jabatan maka junjung tinggi lah 3 hal di atas, karena 3 penilayan tersebut merupakan poin penting untuk perkembangan karir seorang karyawan.

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.
Referensi :

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Kinerja
  • http://skripsi-manajemen.blogspot.co.id/2011/02/pengertian-definisi-produktivitas-kerja.html
  • https://www.kompasiana.com/novrykadang/sikap-kerja_552abd74f17e619938d623f5

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇