Collecting Processing Transporting and Delivery (CPTD) ~ Matematika Akuntansi -->

Saturday, October 28, 2017

Collecting Processing Transporting and Delivery (CPTD)

Logistik di indonesia begitu berpengaruh dalam dunia perekonomian di indonesia. Mengepa logistik itu penting ?

Indoneisa adalah negara kepulauan. Ada 17.504 pulau yang dimiliki indonesia, diantaranya 16.056 telah dibakukan namanya di PBB hingga juli 2017. Maka dari itu akan banyak tantangan untuk para perusahaan dalam mengirim produknya dari pulau ke pulau.

Namun pada dasarnya perusahaan harus fokus pada tujuan bisnisnya. Perusahaan penghasil produk makanan pada dasarnya harus fokus dengan proses produksi. Ketika perusahaan menangani peroses pengiriman produknya, maka perusahaan tersebut akan terganggu fokus dalam proses produksinya. Maka dari itu, saat ini banyak sekali perusahaan jasa pengiriman logistik yang membantu perusahaan akan pengiriman produknya.

CPTD (Collecting Processing Distribution and Delivery)
Collecting, Processing, Transporting, dan Dilevery merupakan suatu sistem pokok dalam perusahaan jasa pengiriman. Setiap hari kerja, CPTD selalu dilakukan oleh perusahan, karena produk yang dihasilkan oleh perusahaan jasa tersebut tidak akan ada jika proses CPTD tidak dilakukan oleh perusahaan.

Collecting

Collecting adalah kegiatan pelayanan pengeposan kiriman yang dilakukan melalui berbagai "service point" Seperti loket-loket pelaku industri pos, agen-agen pelaku point industri post dan lain-lain. Dalam collecting ini ada kegiatan seperti melayani penerimaan kiriman individual, Melayani kiriman kontraktual dan lain sebagainya.

Processing

Processing adalah kegiatan pengolahan kiriman yang dilakukan melalui berbagai tahapan kegiatan seperti sorting, billing, bundling, bagging, maninfesting, dan forwarding. Processing merupakan tahapa yang paling penting dalam proses CPTD, karena di dalam proses processing ini lah barang akan di tentukan dan di kelompokan sesuai destinasinya, kemudian paket atau kiriman akan di bungkus sedemikian rupa yang kemudian akan dibuatkan manifest dari setiap barang tersebut.

Transporting

Transporting adalah kegiatan pengangkutan kiriman ke tujuan yang dilakukan melalui berbagai sarana atau moda transportasi darat, laut, dan udara.

Ada 5 moda transportasi di dalam dunia logistik diantaranya adalah
  • Moda Udara
  • Moda Laut
  • Moda Darat
  • Moda Rel
  • Moda Pipeline

Untuk moda udara biasanya menggunakan pesawat terbang, moda laut menggunakan kapal laut atau tanker, moda darat menggunakan mobil, moda rel menggunakan kereta, dan moda pipeline menggunakan pipa. Untuk mode pipeline biasanya barang yang didistribusikan berupa gas.

Delivery

Kegiatan pengantaran kiriman kepada penerima yang merupakan tahapan terakhir dari proses bisnis pos. Delivery biasanya dilakukan oleh kurir menggunakan sepedah motor. Kurir merupakan penentu dalam proses CPTD tadi, jika kurir sukses mengantarkan barang ke penerima dengan feedback penerima barang baik pula, maka bisa dikatakan perusahaan tersebut berhasil dalam memuaskan pelanggan.

Intinya peroses CPTD merupakan proses yang sangat berpengaruh dalam industri jasa pengiriman, karena tanpa peroses CPTD perusahaan tidak bisa beroperasi.

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Akhi kata wassalamualaikum wr. wb.
Referensi :
  • google
  • Asperindo

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇