6 Prinsip Desain Tata Letak Gudang ~ Matematika Akuntansi -->

Wednesday, September 27, 2017

6 Prinsip Desain Tata Letak Gudang

Berikut ini adalah 6 prinsip desain tataletak gudang, diantaranya adalah :

1. Gunakan Satu Fasilitas (Use One Facilities)
Ktika kita akan membuat gudang maka gunakan lah satu fasilitas jangan terlalu berlebihan, karena dalam prinsip pergudangan sangat menjunjung tinggi tingkat effesiensi dan effektifitas.

2. Pindahkan barang dalam garis lurus (Move Goods In A Stright line)
Maksud dari pemindahan barang secara garis lurus disini adalah supaya barang yang dipindahkan lebih cepat waktu proses pemindahannya. Karena dengan dibuat secara garis lurus proses perpindahan tidak akan banyak hambatan.

3. Gunakan peralatan penanganan material yang efisien (Use Effecient Material-handling Equipment)
Dalam penanganan material, prusahaan harus memikir kan prelatan apa yang harus digunakan untuk mengangkut barang. Jika barangnya lebih effesien diangkut oleh manusia secara manual, maka tidak perlu diangkat oleh forklif. Jadi pada intinya gunakan lah peralatan yang sesuai dengan keadaan barang.


4. Gunakan satu paket penyimpanan yang efektif (Use An effective Storage Plan)
Dalam penyimpanan barang disebuah gudang, ada barang yang disimpan didalam rak ada juga hanya di palet saja. Mengapa demikian ?? Hal tersebut dilakukan karena tempat penyimpanan barang harus lah disesuakan dengan kondisi barang tersebut. Jika barang tersebut lebih effektif disimpan di atas palet saja, maka jangan disimpan di dalam rak, karena akan menimbul ketidak efektifan.

5. Minimalkan ruang lorong (Minimize Aisle Space)

Dalam sebuah gudang terdapat banyak rak-rak penyimpanan. Biasanya dalam sebuah gudang itu terdapat skat-sekat antara rak yang disebut dengan ruang lorong. Supaya gudang lebih effesien maka ruang lorong pada sebuah gudang harus dibuat seminimal mungkin, agar gudang dapat menampung lebih banyak barang.

6. Gunakan tinggi maksimum bangunan (Use Maximum Height of The Building)
Ktika prusahaan akan menyimpan barangnya di dalam gudang, maka diperlukan sebuh gudang yang besar, besar di sini tidak harus besar melebar tetapi gudang harus lebih besar ke atas, karena jika melebar ke samping harga tanah gudang tersebut akan mahal. Maka dari itu gudang haruslah dibuat tinggi ke atas, dan simpan lah barang sampai ketinggian maksimum bangunan tersebut.

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata
Akhir kata wassalamualiakum wr. wb.
Referensi :
  • S. Pandiangan

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇