Jenis-Jenis Gudang ~ Matematika Akuntansi -->

Wednesday, September 27, 2017

Jenis-Jenis Gudang

Berikut ini beberapa jenis gudang diantaranya adalah ;

Household Goods Warehouse


Tipe gudang yang digunakan untuk penyimpanan properti pribadi. Properti ini secara khusus disimpan dalam jangka panjang yang sifatnya sementara.

Cold Storage Warehouse

Gudang untuk barang-barang yang mudah rusak akibat pembusukan ataupun perubahan suhu, dimana sebagai pengaman diperlukan alat pengontrol temperatur kelembapan udara atau sistem ventilasi sendiri. Umumnya digunakan untuk menyimpan barang-barang yang tidak tahan lama, seperti :
  • Sayuran
  • Ikan
  • Buah-buahan
  • dan lain-lin.


Special Comodity Warehouse

Gudang yang umumnya untuk penimbunan hasi pertanian (agriculture) dan biasanya dibangun didaerah produksi pertanian dan untuk kepentingan para pedagang prantara atau produsen.


Bulk Storage Warehouse

Pergudangan yang menyimpan barang-barang penting. Pergudangan ini memberikan tangki penyimpanan carian dan penyimpanan terbuka atau tersembunyi untuk barang seperti :
Pasir
Batu-bata
Barang-barang kimia

Bonded Warehouse

Gudang yang dibangun suatu daerah tertentu tetaoi berada dalam pengawasan bea dan cukai dan berfungsi untuk menimbun, memproses, re-packing, dan lain-lain. Barang-barang yang diproses tidak dikenakan bea atau pungutan, tetapi pada saat keluar dari daerah tersebut barang dikenakan bea atau pungutan-pungutan sesuai dengan ketentuan yang ada.


Gudang Konsolidasi

Penerimaan produk atau material dari beberapa supplier yang kemudian dalam proses pengiriman akan dikonsolidasikan atau dikombinasikan menjadi satu kendaraan angkut, guna mendapatkan kapasitas muat yang masksimal.

Konsep gudang konsolidasi ditetapkan untuk menghemat biaya transportasi dalam melakukan pengiriman sebagai varian produk atau material ke konsumen yang berada pada satu wilayah atau geografis yang sama.

Gudang konsolidasi dibangun pada lokasi yang strategis antara produsen dan konsumen.

Dukungan teknologi informasi dalam mengoprasikannya, guna mendapatkan utilitas transport yang maksimum dengan biaya yang rendah.

Aplikasi operasional gudang konsolidasi sangat sesuai untuk perusahaan yang bergerak dalam bidang retai atau perusahaan yang memiliki pabrik-pabrik di berbagai lokasi.

Gudang Cross-Dock

Gudang cross docking dapat dikatakan sebagai gudang transit. Barang-barang yang diterima melalui pintu penerimaan akan langsung ditransfer ke pintu pengeluaran untuk didistribusikan langsung ke konsumen. Atau barang-barang tidak disimpan dalam jangka waktu lama, yakni kurang dari 24 jam. Tipe operasional gudang cross docking sangat baik untuk barang-barang yang memiliki self life pendek atau fresh procut.

General Merchandise

General Marchendise store adalah pedagang eceran yang menjual berbagai macam produk seperti departmen store.

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.
Referensi :

  • S. Pandiangan

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇