Perlengkapan Gudang ~ Matematika Akuntansi -->

Wednesday, September 27, 2017

Perlengkapan Gudang

Tujuan dari adanya perlengkapan gudang adalah melakukan penanganan material di gudang secara efektif dan efesien.

Perlengkapan Di dalam Gudang

Palet

Palet adalah alas penumpuk yang dirancang khusus untuk menumpuk barang, dimana seluruh muatan dapat dipindahkan sesuai keperluan dengan truck pengangkut (forklift). 

Rack Gudang/Rack Arsip/Rack Pallet

Sistem rack berguna untuk :

  • Meningkatkan kapasitas simpan barang setelah menggunakan sistem selective pallet racking.
  • Meningkatkan Efisiensi space


Rack Pallet Statis

Rak pallet statis dapat digunakan untuk menampung stock cadangan atau barang yang terlalu berat atau besar penyimpanan bin. Proporsi barang yang bergerak cepat adalah lebih rendah dari pada daerah bin. Stock cadangan barang bergerak cepat disimpan pada rak atau pada palet di bagian gudang yang lain.

Forklift

Forklift adalah angkutan barang dengan menggunakan paling sedikit 2 (dua) moda angkutan yang berbeda atas dasar 1 (satu) kontrak sebagai dokumen angkutan multimoda dari satu tempat diterimanya barang oleh badan usaha angkutan multimoda ke suatu tempat yang ditentukan untuk penyerahan barang kepada penerima barang angkutan multimoda.

Cranes

Crane adalah salah satu alat berat (heavy equipment) yang digunakan sebagai alat pengangkat dalam proyek kontruksi. Crane bekerja dengan mengangkat material yang akan dipindahkan, memindahkan secara horizontal, kemudian menurunkan material ditempat yang diinginkan. Alat ini memilki bentuk dan kemampuan angkat yang besar dan mampu berputar hingga 360 derajat dan jangkauan hingga puluhan meter. Crane biasanya digunakan dalam pekerjaan pekerjaan proyek, pelabuhan, perbengkelan, industri, pergudangan dll.

Perlengkapan Luar Gedung

  1. Bagian Bangunan Gudang/Bersebelahan untuk mempermudah material handling
  2. Meliputi daerah parkir, penyimpanan kontainer, dok bongkar muat, jembatan timbang (bila diperlukan)


Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Akhir kata wasssalamualaikum wr. wb/
Referensi :

  • S. Pandiangan
  • http://alat-berat07.blogspot.co.id

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇