Pentingnya Pengetahuan Fungsi Matematika Untuk Ekonomi ~ Matematika Akuntansi -->

Tuesday, August 29, 2017

Pentingnya Pengetahuan Fungsi Matematika Untuk Ekonomi


Kejadian-kejadian ekonomi saling berhubungan atau satu sama lain dan dengan demikian saling mempengaruhi. Ini artinya jika suatu kejadian tertentu terjadi, maka kejadian lainnya akan terjadi juga atau akan dipengaruhi.

Contoh :
Jika pendapatan seseorang berubah (mengalami kenaikan), maka pengeluaran untuk konsumsi juga akan berubah (mengalami kenaikan)
Jika harga suatu jenis barang naik dan pendapatan masyarakat tetap tak berubah, maka permintaan terhadap barang tersebut akan menurun.
Jika investasi nasional dinaikan, maka pendapatan nasional juga akan meningkat.

Kejadian-kejadian ekonomi tersebut dapat dinyatakan dengan perubahan nilai variabel. Variabel adalah sesuatu yang nilainya berubah-ubah, misalnya produksi, harga, pendapatan, penjualan, biaya, investasi. Suatu variabel biasanya diberi simbol X, Y, atau Z atau huruf latin lainnya. Variabel X yang mempengaruhi disebut variabel bebas (independent variabel).

Contoh :
X = Pendapatan
Y = Konsumsi
X = Harga
Y = barang yang diminta
X = Investasi nasional
Y = Pendapatan nasional.

Hubungan variabel X dan Y mengikuti bentuk fungsi tertentu, biasanya ditulis y = f(x), dibaca y fungsi dari x, artinya jika x berubah nilainya, y juga akan berubah. Besarnya nilai Y akan tergantung pada bentuk fungsinya.

Misalnya :
(1)y = 2 + 0,5 x
(2)y = 2 + 0,5 x2

Kemudian diketahui x = 10, jika fungsinya seperti (1) y = 2 + 0,5 (10) = 2 + 5 = 7, sedangkan jika fungsi seperti (2) y = 2 + 0,5 (10)2  = 2 + 0,5 (100) = 52. Jadi suatu fungsi berguna untuk mempengaruhi nilai y, jika nilai x sudah diketahui terlebih dahulu. Nilai y tersebut dinamakan nilai perkiraan atau ramalan, yang amat berguna untuk dasar perencanaan. Di dalam perusahaan, ramalan penjualan berguna untuk dasar perencanaan produksi, tenaga kerja, bahan mentah, dan keuangan.


Contoh-contoh penggunaan matematika dalam analisa ekonomi

Banyak sekali penggunaan matematika di dalam analisa ekonomi diantaranya adalah :
Statistik

  • Linear programing
  • Operation research
  • Analisa input-output
  • Teori keputusan & ekonometrik.


Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.

Referensi :

  • Buku Matematika Untuk Ekonomi Bisnis (J.Supranto)

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇