Contoh Penggunaan Matematika Dalam Statistik Ekonomi ~ Matematika Akuntansi -->

Tuesday, August 29, 2017

Contoh Penggunaan Matematika Dalam Statistik Ekonomi


Di dalam statistik ekonomi, matematika berguna untuk :

  • Memahami rumus-rumus statistik, seperti rumus untuk menghitung jumlah, rata-rata, persentase, angka indeks, dan berbagai nilai koefisien korelasi.
  • Memahami metode perkiraan seperti "maximum likelihood", "least square methode". Di dalam hal ini diperlukan pengetahuan mengenai "differential" yang berguna untuk membuat suatu fungsi maksimum atau minimum.
  • Memahami teori pengujian hepotesis, dimana diperlukan pengetahuan berbagai fungsi matematika untuk di pergunakan sebagai kriteria uji seperti F test, normal test, t test, chi-square test.
  • Memahami konsep nilai harapan (expected value) yang memerlukan pengetahuan mengenai "integral" dalam rangka menghitung rata-rata kerugian yang mungkin akan diderita (expected loss) atau rata-rata keuntungan (expected profit) yang akan dinikmati.
  • Memahami analisa regresi, khususnya untuk menghitung besarnya pengaruh secara kuantitatif dari perubahan suatu kejadian (=X) meramalkan Y jika nilai X sudah diketahuui dengan menggunakan persamaan regresi.


Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.

Referensi :

  • Buku matematika untuk ekonomi dan bisnis (J. Supranto)

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇