Rumus Perkalian Skalar Dua Vektor ~ Matematika Akuntansi -->

Thursday, November 17, 2016

Rumus Perkalian Skalar Dua Vektor

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Rumus Perkalian Skalar Dua Vektor, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !

Rumus Perkalian Skalar Dua Vektor


Jika a dan b vektor-vektor tak nol dan α sudut di antara vektor a dan b, maka rumus perkalian skalar vektor a dan b adalah :
a . b = |a||b| cos α.

Jika dinyatakan dalam bentuk pasangan terurut, maka rumus perkalian skalar dua vektor adalah sebagai berikut :

Jika a = (a1, a2, .... , an) dan b = (b1, b2, ... , bn) adalah sebarang vektor pada Rn, maka rumus hasil kali atau perkalian skalarnya adalah :
a . b = a1b1 + a2b2 + ... + anbn

Contoh soal :


Diketahui a = (1, -1, 0) dan b = (-1, 2, 2), tentukanlah hasil perkalian dari vektor a dikali dengan vektor b !!!

Jawab :
a . b = a1b1 + a2b2 + ... + anbn
a . b = 1 . -1 + (-1) . 2 +  0 . 2
a . b = -1 + -2 +  0
a . b = -3

Jadi hasil perkalian vektor a dengan vektor b adalah -3.

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Saya sarankan baca juga artikel :
 Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇