Tombol Pintas Save Workbook Di Excel Paling Cepat ~ Matematika Akuntansi -->

Sunday, March 12, 2023

Tombol Pintas Save Workbook Di Excel Paling Cepat

Tombol Pintas Save Workbook Di Excel Paling Cepat

Tombol pintas save workbook di excel paling cepat sangat banyak sekali dicari oleh banyak orang. Hal tersebut terjadi karena semua orang ingit cepat dalam melakukan suatu hal. Seiring dengan kemajuan zaman hal yang tercepat lah yang akan selalu digunakan.

Apa tombol pintas Save workbook dengan cepat di Excel?

Ada beberapa orang yang sudah tau, namun banyak orang juga yang belum tahu. Bagi orang yang baru mengenal Ms. Excel tentunya hal ini belum mereka ketahui. Kali ini kami akan berbagi ilmu tentang tombol keyboard yang dapat digunakan untuk melakukan save workbook atau menyimpan workbook.

Tombol Pintas Save Workbook

Untuk melakukan save workbook bisa dilakukan dengan menggunakan tombol CTRL dan dikombinasikan dengan tombol S. Tombol ini bisa juga disebut dengan tombol Shortcut Save Workbook Excel. Tombol CTRL merupakan kepanjangan dari tombol Control, maka kami juga biasa menyebut tombol pintas save workbook dengan menyebutnya tombol Control S.

Untuk memudahkan mengingat tombol pintas tersebut, maka kita notasikan dengan tombol CTRL + S. Biasanya ingatan manusia lebih mudah mengingatnya dengan digambarkan ke dalam suatu notasi atau rumus.

Contoh Penggunaan Tombol Pintas Save Workbook

Untuk lebih mendalami mengenai tombol pintas save workbook, maka kita coba praktikan pada contoh berikut ini.

Misalkan kita mempunyai data sebagai berikut :

Data diatas merupakan contoh data dari suatu jabatan di perusahaan Matematika Akuntansi. Data tersebut belum diberikan nama atau judul, maka nama default dari data ini adalah Book1.

Tugas kita kali ini adalah melakukan penyimpanan data tersebut ke dalam komputer atau PC yang anda miliki. Namun, untuk melakukan penyimpanan datanya anda tidak boleh menggunakan menu yang ada pada Ms. Excel, melainkan anda harus menggunakan tombol pintas save workbook.

Untuk menyimpan data tersebut dengan menggunakan tombol pintas atau tombol shortcut, anda langsung saja tekan dan tahan tombol CTRL pada keyboard dan secara bersamaan tekan juga tombol S.


Jika data yang digunakan sudah tersimpan sebelumnya, maka ketika anda menekan tombol shortcut tersebut data akan langsung tersimpan. Namun, jika data belum tersimpan di dalam PC anda, maka anda harus memberi namanya terlebih dahulu. atau untuk lebih jelasnya perhatikan ilustrasi berikut ini setelah anda menekan tombol shortcut CTRL S.


Setelah anda menetakn tombol CTRL S, maka anda akan masuk ke dalam jendela Save As. Jendela ini muncul karena data milik anda belum tersempan sebelumnya di PC, maka anda harus memberikan naman dan lokasi peletakan data tersebut.

Jika sudah masuk ke kendela Save As seperti gambar di atas, maka langkah selanjutnya adalah anda harus menentukan lokasi penyimpanannya. Pada contoh kali ini kita simpan saja datanya di folder Documen dengan cara klick Browse → Documents → Beri nama file misalnya "Jabatan" pada bagian kotak File name → Save.


Maka setelah melakukan hal di atas data akan secara otomatis tersimpan di folder Documents. Untuk melihat hasilnya silahkan anda masuk ke library dan cek di folder Documents.


Dan akhirnya terlihat sudah data yang anda buat tersimpan difolder Documents dengan nama file Jabatan.

Jadi kesimpulannya tombol pintas save workbook di Excel paling cepat bisa dilakukan atau dibantu oleh tombol pintas atau shortcut CTRL + S.

Demikian artikel kali ini.
Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Apabila ada yang ingin ditanyakan atau disampaikan, silahkan untuk menulis pada kolom komentar di bawah.

Referensi :

  • Google.com

Salam,

Muhamad Pajar Sidik

President Director of (matematikaakuntansi.blogspot.com)
Email fajarmoehamad@gmail.com
IG @mupasid

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇