Cara Membuat Kepala Tabel Muncul Di Setiap Halaman Excel ~ Matematika Akuntansi -->

Sunday, March 5, 2023

Cara Membuat Kepala Tabel Muncul Di Setiap Halaman Excel

Cara Membuat Kepala Tabel Muncul Di Setiap Halaman Excel

Print data dalam excel sudah sering anda lakukan. Namun, terkadang pada saat anda melakukan printing data sering terjadi ketidaksesuaian dengan keinginan anda, salah satu contohnya adalah anda ingin judul tabel muncul pada setiap lembar halaman yang anda print.

Tahukah anda bagaimana caranya membuat kepala atau judul tabel muncul di setiap halaman ?

Jika anda belum tahu, maka tepat sudah anda berkunjung ke artikel ini, karena kali ini kami akan berbagi ilmu tentang cara membuat kepala tabel muncul di setiap halaman excel. Untuk cara membuat kepala atau judul tabel bisa muncul di setiap halaman excel bisa dilakukan dengan sangat mudah yaitu dengan menggunakan fitur Print Titles yang ada di menu Page Layout Ms. Excel bagian Page Setup.

Cara Membuat Kepala Tabel Muncul Di Setiap Halaman Excel

Contoh Cara Membuat Kepala Tabel Muncul Di Setiap Halaman Excel 

Untuk lebih mudah memahaminya, mari kita praktikan pada contoh berikut ini. Misalkan kita mempunyai data sebagai berikut :

Contoh data dengan judul kolom

Data di atas merupakan data suatu kiriman dan paket yang dikirim ke beberapa kota tujuan pada bulan Agustus 2021. Tugas anda adalah memprint atau mencetak data dengan memunculkan judul atau kepala tabel di setiap lembar kertasnya.

Langkah Pertama : Tentukan lokasi atau area data yang akan diprint

Untuk menentukan area data yang akan diprint bisa delakukan dengan cara memblock semua area yang akan diprint kemudian masuk ke menu Page Layout → Pilih Print Area pada bagian Page Setup → kemudian klick Set Print Area.

Cara Membuat Kepala Tabel Muncul Di Setiap Halaman Excel

Langkah Ke Dua : Atur Page Title tabel sesuai dengan keinginan anda

Untuk mengatur agar kepala tabel bisa muncul di setiap lembar, maka kita harus menggunakan fitur Print Title, untuk melakukannya masuk ke menu Page Layout → kemudian klick Print Titles pada bagian Page Setup.

Page Titles

Maka akan muncul jendela Page Setup seperti gambar di bawah ini :

Page Setup

Pilih area judul dengan cara klick tanda  pada bagian Rows to repeat at top: . Area yang dipilih adalah  $1:$1 dan kemudian klick OK.


Untuk memastikan bahwa cara yang sudah kita lakukan bekerja dengan benar atau tidak, maka kita cek di tampilan print preview.

Masuk ke menu File → Print , maka terlihat hasil print previewnya sebagai berikut :

Print preview Page Titles

Maka terlihat sudah kepala tabel di setiap halaman kertas yang akan diprint. Jika kondisi sudah seperti ini, maka bisa dikatakan cara yang anda lakukan sudah berjalan dengan benar.

Demikian artikel kali ini.
Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Apabila ada yang ingin ditanyakan atau disampaikan, silahkan untuk menulis pada kolom komentar di bawah.

Referensi :

  • Google.com

Salam,

Muhamad Pajar Sidik

President Director of (matematikaakuntansi.blogspot.com)
Email fajarmoehamad@gmail.com
IG @mupasid

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇