Hitung menghitung di zaman sekarang ini sudah tidak sulit. Apalagi sekarang sudah ada komputer yang dapat membantu anda untuk menghitung. Fitur komputer untuk menghitung diantaranya ada kalkulator, Ms. Excel, dan lain sebagainya. Namun, dari sekian banyak fitur, Ms. Excel lah yang paling nyaman digunakan untuk kegiatan hitung menghitung di dalam komputer.
Kali ini web Matematika Akuntansi akan berbagi ilmu tentang cara menghitung banyak data di excel. Untuk menghitung banyak data di excel bisa dibantu dengan menggunakan fungsi atau rumus. Fungsi atau rumus dalam Ms. Excel untuk menghutung banyak data adalah Fungsi COUNTA.
Syntax COUNTA
=COUNTA(value1, [value2], ...)
Keterangan :
- COUNTA adalah fungsi untuk menghitung banyak data
- value1, [value2], ... adalah cell yang akan dihitung banyak datanya
Untuk mempraktikan cara menghitung banyak data di excel, maka kita praktikan pada contoh di bawah ini, misalkan kita punya data seperti gambar di bawah ini :
Pertanyaan
Hitunglah banyak data atau jumlah orang yang ada pada tabel tersebut!
Jawaban
Gunakan fungsi COUNTA untuk menghitung banyak data atau jumlah orang yang ada pada tabel tersebut. Isi cell C6 dengan rumus di bawah ini :
=COUNTA(A2:A4)
Range A2:A4 merupakan area range yang akan dihitung jumlah datanya. Maka hasilnya menjadi :
Apabila ada yang ingin ditanyakan atau disampaikan, silahkan untuk menulis pada kolom komentar di bawah.
Referensi :
- Google.com
Salam,
Muhamad Pajar SidikPresident Director of (matematikaakuntansi.blogspot.com)
Email : fajarmoehamad@gmail.com
IG : @mupasid
Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇