Cara Membuat Jurnal Umum Di Excel ~ Matematika Akuntansi -->

Monday, April 12, 2021

Cara Membuat Jurnal Umum Di Excel


Menurut wikipedia, dalam akuntansi Jurnal adalah semua transaksi keuangan suatu badan usaha atau organisasi yang dicatat secara kronologis dan bertujuan untuk pendataan, termasuk di dalamnya jumlah transaksi, nama-nama transaksi baik memengaruhi atau dipengaruhi, dan waktu transaksi berjalan.

Jurnal umum merupakan suatu tahap paling awal dalam akuntansi. Semua transaksi dalam suatu perusahaan akan dicatat dalam jurnal umum berdasarkan pada bukti transaksi.

Kali ini blog Matematika Akuntansi akan berbagi ilmu tentang cara membuat jurnal umum di excel.

Berikut ini adalah cara membuat jurnal umum di excel :

1. Buka aplikasi Ms. Excel.
Bukalah aplikasi Ms. Excel atau file Ms. Excel yang telah anda persiapkan sebelumnya.


2. Buatlah nomor aku dan nama akun.
Buatlah nomor aku dan nama aku pada suatu sheet, dengan cara sebagai berikut :
Klick kanan pada Sheet 1 → pilih Rename → ketik Account.

Maka hasilnya menjadi :


Setelah nama sheet 1 berubah menjadi Account, masukanlah data ke dalam sheet Account seperti gambar di bawah ini :


3. Buatlah nama range pada sheet Account.
Setelah data Account terinput, berinama range data yang ada pada sheet Account, dengan cara :
Block atau select cell A2 sampai dengan cell B28 pada sheet Account → pilih menu Formula Devine Name.


Setelah jendela New Name muncul → isi kotak Name dengan Acccount → klick OK.


4. Memasukan Jurnal Umum ke dalam Excel.
Sebelum menginput jurnal umum ke dalam Ms. Excel, anda harus melakukan analisa terlebih dahulu terhadap bukti transaksi yang ada pada periode tertentu. Analisa tersebut akan menentukan posisi penempatan pencatatan debet dan kredit dari suatu Account.

Sebelum memasukan jurnal umum ke excel, anda harus menyiapkan sheet baru terlebih dahulu, yaitu dengan cara :
Klick kiri pada sheet 2 → klick kanan pada sheet 2 → pilih Rename → ketik Jurnal Umum.


Maka hasilnya menjadi :


Untuk praktik membuat jurnal umum, maka sebagai contoh kita gunakan bukti transaksi pada gambar di bawah ini :







Dari hasil analisa pada bukti transaksi di atas, jika jurnal umum atas transaksi tersebut dimasukan ke dalam Ms. Excel, Berikut adalah jurnal pada bukti transaksi yang pertama :


Untuk mengisi kolom Nama Akun gunakanlah formula di bawah ini :
=VLOOKUP(D6,Acccount,2,0)
Maka hasilnya :


Untuk mengisi kolom Nama Akun di bawahnya, klick-drug kolom C6 ke kolom di bawahnya, maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini :


Sehingga apabila seluruh jurnal atas bukti transaksi di atas dimasukan ke dalam Excel, maka hasilnya menjadi:


Kemudian pada baris akhir kolom debet dan kredit masukan Formula Auto Sum atas data yang berada di atasnya, maka hasilnya menjadi :


Jika anda ingin softcopy contoh jurnal umum yang sudah kita praktikan ini, maka bisa anda download pada link di bawah ini :

Demikian artikel kali ini.
Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Apabila ada yang ingin ditanyakan atau disampaikan, silahkan untuk menulis pada kolom komentar di bawah.

Referensi :

  • Google.com

Salam,

Muhamad Pajar Sidik

President Director of (matematikaakuntansi.blogspot.com)
Email fajarmoehamad@gmail.com
IG @mupasid

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇