Cara Mengurutkan Data Lebih Dari Satu Ketentuan Field Di Ms. Excel ~ Matematika Akuntansi -->

Tuesday, September 1, 2020

Cara Mengurutkan Data Lebih Dari Satu Ketentuan Field Di Ms. Excel

Keuntungan menggunakan Ms. Excel sebagai alat bantu penyajian data adalah dapat menyortir atau mengurutkan data sampai sangat detail. Selain Ms. Excel, banyak aplikasi lain yang memiliki fitur untuk mengurutkan data, akan tetapi fitur tersebut tidak bisa sedetail Ms. Excel dalam pengurutannya.

Field adalah sekumpulan data pada satu kolom tertentu dengan data-data di dalamnya sejenis dan memiliki satu nama field. Dalam Ms. Excel kita bisa mengurutkan data lebih dari satu field dengan ketentuan pola urutan field tertentu.

Kali ini web Matematika Akuntansi akan berbagi ilmu tentang cara mengurutkan data lebih dari satu ketentuan field di Ms. Excel.


Untuk mengurutkan data lebih dari satu ketentuan field kalian dapat menggunakan fitur Sort. berikut cara mengurutkan data lebih dari satu ketentuan field :
  1. Buka Aplikasi Ms. Excel;
  2. Buka file Ms. Excel yang kalian inginkan;
  3. Pilih data yang kalian ingin urutkan dengan memblock area data tersebut;
  4. Pilih menu Home;
  5. Pilih Sort & Filter;
  6. Pilih Custom Sort;
  7. Setelah jendela Sort terbuka, Klick centang My data has headers di bagian kanan jendela Sort; (Agar nama field terbaca oleh fitur sort)
  8. Klick Add Lavel dan tentukan berapa banyak level penyortiran yang kalian inginkan (pada contoh kali ini kami contohkan 2 level penyortiran yaitu menyortir berdasarkan nama dan kemudian berdasarkan tempat lahir);
  9. Tentukan aturan penyotiran yang kalian ingikan dengan mengklick tanda panah ke bawah pada kotak order di jendela Sort (kalian bisa mengurutkan data dari mulai terkecil sampai dengan terbesar atau sebalikanya);
  10. Klick OK pada jendela Sort;
Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini :


Dengan cara di atas, maka kalian sudah dapat mengurutkan data lebih dari satu ketentuan field.

Demikian artikel kali ini.
Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Apabila ada yang ingin ditanyakan atau disampaikan, silahkan untuk menulis pada kolom komentar di bawah.

Salam,
Muhamad Pajar Sidik
President Director of (matematikaakuntansi.blogspot.com)
Email fajarmoehamad@gmail.com

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇