3 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggunakan Perintah Manajemen Data Ms. Excel ~ Matematika Akuntansi -->

Monday, August 31, 2020

3 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggunakan Perintah Manajemen Data Ms. Excel

Ms. Excel adalah suatu aplikasi yang dapat digunakan untuk menganalisa data. Dengan kehabatan Ms. Excel yang dapat menganalisa data para pengguna seperti karyawan, manager, direksi dan yang lainnya dalam suatu perusahaan akan sangat terbantu dalam pekerjaan.


Untuk menganalisa suatu data, tentunya data tersebut harus diolah, diatur atau dimanage terlebih dahulu, dengan tujuan untuk mempermudah membaca data tersebut.

Sebelum kalian belajar memanage suatu data dalam Ms. Excel, ada hal-hal penting yang menjadi dasar yang harus kalian fahami.

Kali ini web Matematika Akuntansi akan berbagi ilmu tentang hal-hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan perintah manajemen data Ms. Excel.

Berikut adalah 3 hal dasar yang harus difahami sebelum menggunakan printah manajemen data Ms. Excel :
  1. Judul Tabel;
  2. Field;
  3. Record.

1. Judul Tabel


Judul tabel adalah suatu judul dari tabel yang kalian buat. Judul tabel lazimnya diletakan di atas tabel dengan posisi center. Letak judul tabel tidak boleh berdampingan dengan data tabelnya, minimal ada jarak satu baris diantara judul tabel dengan tabelnya.

2. Field


Field adalah kolom tabel yang berisi data-data sejenis. Satu kolom field memiliki satu nama field, misalnya pada suatu tabel gajih karyawan ada sutu kolom yang berisi nama-nama karyawan, dan pada baris paling pertama kolom tersebut dituliskan "Nama Karyawan". Kata yang terdapat pada baris pertama tersebutlah yang disebut dengan Nama Field dan Area yang diisi oleh kata "Nama Karyawan" dan diikuti oleh nama-nama karyawan lain di bawahnya disebut Field. Data yang berada pada satu field harus data yang sejenis, tidak boleh asal-asalan.

3. Record


Record adalah isi dari setiap field. Misalkan kita memiliki data nama karyawan yaitu :
  • Muhamad
  • Pajar
  • Sidik
Setiap satu data nama karyawan disebut dengan 1 record dari satu field nama karyawan. Jadi ada 3 record dari 1 field nama karyawan diantaranya adalah :
  • Record pertama adalah Muhamad
  • Record ke-dua adalah Pajar
  • Record ke-tiga adalah sidik
Jadi ada 3 hal yang harus kalian fahami agar mudah mempelajari manajemen data Ms. Excel yaitu harus bisa membedakan atau faham mengenai judul tabel, field, dan record.

Demikian artikel kali ini.
Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Apabila ada yang ingin ditanyakan atau disampaikan, silahkan untuk menulis pada kolom komentar di bawah.

Salam,
Muhamad Pajar Sidik
President Director of (matematikaakuntansi.blogspot.com)
Email fajarmoehamad@gmail.com

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇