4 Istilah Dasar yang Harus Difahami Sebelum Belajar Rumus Excel ~ Matematika Akuntansi -->

Friday, August 21, 2020

4 Istilah Dasar yang Harus Difahami Sebelum Belajar Rumus Excel

Rumus atau formula dalam Ms. Excel menjadi nilai lebih tersendiri bagi aplikasi tersebut. Dengan rumus tersebut kalian bisa menghitung atau menampilkan suatu data tertentu dengan otomatis. Bahkan rumus tersebutpun bisa menampilkan data yang kalian inginkan secara cepat.


Rumus Ms. Excel pun sering digunakan dalam pembuatan report atau laporan dalam suatu perusahaan yang menampilkan suatu data tertuntu. Dengan menggunakan rumus kalian akan lebih cepat dalam membuat report.

Kali ini web Matematika Akuntansi akan berbagi ilmu tentang istilah-istilah dasar yang harus difahami terlebih dahulu sebelum kalian belajar rumus Ms. Excel.

Istilah dasar yang akan kami bahas tentunya akan menjadi kunci pemahaman kalian pada saat mempelajari rumus Ms. Excel. Banyak orang yang telah belajar Ms. Excel. Namun, tetap saja walaupun belajar dengan keras akan tetapi masih banyak yang masih tidak faham. Hal tersebut terjadi, bisa saja disebabkan karena mereka tidak memahami istilah-istilah dasar dari rumus yang dipelajari.

Ada 3 istilah dasar yang harus kalian fahami sebelum mempelajari rumus Ms. Excel. Diantaranya adalah :
  1. AutoFill;
  2. Range;
  3. Sel Absolut.
  4. Syntax

1. AutoFill


AutoFill adalah Suatu proses penyalinan rumus untuk lokasi data yang konsisten, dimana
Ms. Excel akan menambahkan alamat cell dengan nilai +1.

Contoh :
Misalkan kalian menulis rumus =A1+A2. Ketika rumus tersebut disalin ke cell sebelahnya, maka rumus akan secara otomatis berubah menjadi =B1+B2 atau jika rumus tersebut disalin ke bawah, maka rumus akan berubah menjadi =A2+A3. Penambahan nilai +1 tersebutlah yang disebut dengan AutoFill.

2. Range


Renge dalam rumus Ms. Excel adalah penulisan alamat cell yang diapit tanda kurung serta dibatasi tanda “:”. Arti dari simbol tersebut adalah menunjukan alamat cell awal menuju alamat cell akhir atau alamat cell pada ujung kiri atas menuju alamat cell pada ujung kanan bawah (cell awal : cell akhir).

Contoh :
Misalkan kalian menuliskan rumus =Vlookup(A1,B1:C10,2,False), maka B1:C10 adalah range dari rumus tersebut, yang artinya bahwa range dimulai dari cell B1 dan diakhiri sampai dengan cell C10.

3. Cell Absolut


Cell Absolut adalah fasilitas penguncian alamat cell pada Excel. Pada rumus Ms. Excel Cell Absolut Ditandai dengan penggunaan karakter dollar “$” di depan nama kolom atau nomor barisnya.

Cara kerja Cell Absolut ini adalah membuat rumus tetap ketika disalin ke cell lain. Misalnya kalian menulis rumus =$A$1, ketika rumus tersebut disalin ke cell lain rumus tersebut akan tetap =$A$1.

Makna atau arti dari $A$1 adalah penguncian pada kolom A dan baris 1. Jadi rumus akan mengunci suatu kolom dan baris jika pada setiap kolom dan baris ditambahkan "$" atau absolut.

4. Syntax


Syntax dalam Ms. Excel adalah suatu aturan penulisan rumus dalam Ms. Excel untuk setiap fungsi.

Contoh:
Syntax dari rumus Vlookup adalah :
=VLOOKUP (value, table, col_index, [range_lookup])

Dengan mempelajari empat istilah dasar di atas kalian akan lebih mudah dalam mempelajari rumus atau formula Ms. Excel.

Demikian artikel kali ini.
Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Apabila ada yang ingin ditanyakan atau disampaikan, silahkan untuk menulis pada kolom komentar di bawah.

Salam,
Muhamad Pajar Sidik
President Director of (matematikaakuntansi.blogspot.com)
Email fajarmoehamad@gmail.com

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇