Cara Membuat File Ms. Excel Tidak Bisa Diedit ~ Matematika Akuntansi -->

Monday, July 27, 2020

Cara Membuat File Ms. Excel Tidak Bisa Diedit

Apakah kalian adalah seorang pekerja kantoran? Atau bahkan kalian adalah seorang atasan atau pemimpin perusahaan?


Jika iya, pernahkah kalian memberikan instruksi kerja atau memberikan data kepada rekan kerja atau bawahan kalian ?

Masalah yang paling sering muncul dalam hal tersebut adalah ketika bawahan kalian masih belum faham akan instruksi atau data atau software yang kalian berikan. Masalah yang akan terjadi adalah rekan kerja atau bawahan kalian akan bingung menerima data tersebut atau bisa jadi malah mereka secara tidak sengaja menghapus atau mengedit data yang kalian berikan.

Untuk mengatasi agar suatu data tidak bisa dihapus atau diedit dalam Ms. Excel tentu ada caranya. Kali ini web Matematika Akuntansi akan berbagi ilmu tentang bagaimana caranya membuat file Ms. Excel tidak bisa diedit.

Untuk membuat file Ms. Excel tidak bisa diedit kalian bisa menggunakan fitur Ms. Excel yang bernama Mark as Final. Mark as Final adalah salah satu fitur dalam Ms. Excel yang berfungsi untuk membuat workbook dalam suatu file menjadi tidak bisa diedit. Jika Mark as Final diaktifkan pada suatu file, maka file tersebut akan muncul bacaan Read-Only dibagian atas workbook seperti gambar di bawah ini :



File yang ada bacaan Read-Only seperti gambar di atas, tidak bisa diedit atau dihapus data di dalamnya. Namun, data-data file tersebut tetap bisa dibaca dan kalian masih dapat menggerakkan kursor.

Berikut ini adalah cara menggunakan fitur Mark as Final :
  1. Buka Aplikasi Ms. Excel;
  2. Buka file yang kalian inginkan;
  3. Pilih menu File;
  4. Pilih Info;
  5. Klick Protect Workbook;
  6. Klick Mark as Final.


Kemudian klick OK jika muncul jendela seperti gambar di bawah ini :


Dan apabila Mark as Final sudah aktif pada suatu file maka tandanya ada bacaan seperti gambar di bawah ini pada fitur Protect Workbook :

Apabila Mark as Final sudah aktif maka file tidak bisa diedit dan tidak bisa dihapus. File tersebut hanya bisa dicopy dan dilihat saja. Bahkan hanya fitur Fine saja yang aktif pada menu home dan yang lainnnya tidak bisa diklick :


Demikian artikel kali ini.
Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Apabila ada yang ingin ditanyakan atau disampaikan, silahkan untuk menulis pada kolom komentar di bawah.

Salam,
Muhamad Pajar Sidik
President Director of (matematikaakuntansi.blogspot.com)
Email fajarmoehamad@gmail.com

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇