Data merupakan sesuatu yang tidak asing bagi para pekerja kantoran. Hampir 90% pekerjaan kantoran melibatkan suatu data. Misalnya data-data perusahaan berupa data customer, supplayer, employers, transaksi, stock, dan lain sebagainya.
Banyak aplikasi-aplikasi yang dirancang untuk meregulasi suatu perusahaan. Dan rata - rata hampir semua aplikasi tersebut mengeluarkan suatu data dengan format Ms. Excel. Mengapa Ms. Excel menjadi yang paling sering digunakan untuk mengeluarkan hasil data dari suatu software atau aplikasi?
Jawabannya adalah karena Ms. Excel adalah suatu software yang sangat flexibel jika digunakan untuk mengolah data. Dalam Ms. Excel kita bisa mengolah data seperti menghitung data, mensortir data, dan bahkan kita bisa menyembunyikan suatu data.
Menyembunyikan suatu data biasa dilakukan ketika pada suatu workbook ada data yang tidak penting untuk ditampilkan, namun tetap datanya tidak boleh dihapus.
Misalnya :
- Tabel yang menjadi acuan rumus;
- Suatu kolom atau baris yang tidak diinginkan muncul oleh pembaca, atau menganggu mata pada saat membaca data;
- Dan lain sebagainya.
Kali ini web Matematika Akuntansi akan berbagi ilmu tentang bagaimana caranya menyembunyikan suatu data dalam Ms. Excel.
Dalam Ms. Excel ada empat cara untuk menyembunyikan data. Diantaranya adalah :
- Menyembunyikan data berdasarkan kolom;
- Menyembunyikan data berdasarkan baris;
- Menyembunyikan data dalam suatu sheet;
- Menyembunyikan data dalam suatu workbook.
1. Menyembunyikan Data Berdasarkan Kolom
Menyembunyikan data berdasarkan kolom adalah menyembunyikan seluruh data dalam suatu kolom tertentu. Berikut ini cara menyembunyikan data berdasarkan suatu kolom :- Buka aplikasi Ms. Excel;
- Buka data yang kalian inginkan;
- Block kolom yang kalian ingin sembunyikan;
- Klick kanan pada Mouse;
- Plih Hide.
2. Menyembunyikan Data Berdasarkan Baris
Menyembunyikan data berdasarkan baris adalah menyembunyikan seluruh data dalam suatu baris tertentu. Berikut ini cara menyembunyikan data berdasarkan suatu baris :- Buka aplikasi Ms. Excel;
- Buka data yang kalian inginkan;
- Block baris yang kalian ingin sembunyikan;
- Klick kanan pada Mouse;
- Plih Hide.
3. Menyembunyikan Data dalam Suatu Sheet
Menyembunyikan data dalam suatu sheet adalah menyembunyikan seluruh data di dalam suatu sheet tertentu. Berikut ini cara menyembunyikan data dalam suatu sheet tertentu :- Buka aplikasi Ms. Excel;
- Buka data yang kalian inginkan;
- Klick kanan Mouse pada Sheet yang ingin disembunyikan;
- Plih Hide.
4. Menyembunyikan Data dalam Suatu workbook
Menyembunyikan data dalam suatu workbook adalah menyembunyikan seluruh data di dalam suatu workbook tertentu. Berikut ini cara menyembunyikan data dalam suatu workbook tertentu :- Buka aplikasi Ms. Excel;
- Buka workbook yang kalian inginkan;
- Pilih menu View;
- Plih Hide.
Demikian artikel kali ini.
Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Apabila ada yang ingin ditanyakan atau disampaikan, silahkan untuk menulis pada kolom komentar di bawah.
Salam,
Muhamad Pajar Sidik
President Director of (matematikaakuntansi.blogspot.com)
Email : fajarmoehamad@gmail.com
Apabila ada yang ingin ditanyakan atau disampaikan, silahkan untuk menulis pada kolom komentar di bawah.
Salam,
Muhamad Pajar Sidik
President Director of (matematikaakuntansi.blogspot.com)
Email : fajarmoehamad@gmail.com
Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇