Cara Membuat Judul Kolom Menjadi Statis Di Excel Ketika Discroll ~ Matematika Akuntansi -->

Monday, December 23, 2019

Cara Membuat Judul Kolom Menjadi Statis Di Excel Ketika Discroll

Statis itu artinnya tidak bergerak. Jadi kali ini saya akan berbagi ilmu tentang bagaimana cara membuat judul kolom menjadi tidak bergerak ketika data discroll ke bawah di Ms. Excel. Cara ini sangat berguna ketika kita memiliki banyak data. Jadi pada saat kita scroll data ke bawah kita masih bisa melihat kolom judul dari data tersebut, sehingga akan mempermudah kita dalam membaca data.

Menu View adalah menu yang digunakan untuk melakukan hal tersebut. Pada menu View bagian Window ada tool yang bernama Freeze Panes.


Dengan tool Freeze Panes ini kita dapat membuat judul pada kolom maupun baris menjadi tidak bergerak atau statis. Ketika kita scroll data kebawah atau ke kanan maka judul pada kolom atau pada baris tetap diam alias tidak bergerak.

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini :


Misalkan kita memiliki data seperti gambar di atas. Data pada gambar di atas hanya terlihat sampai no. 9  saja, padahal sebenarnya data tersebut sampai no 15.

Ketika kita ingin melihat data no 15, maka hal yang harus dilakukan adalah menscroll data ke bawah sampai kelihatan no 15, seperti gambar di bawah ini :


Coba kalian perhatikan gambar di atas. Memang data no 15 sudah terlihat tapi ada hal yang agak sedikit mengganggu yaitu judul pada data tersebut menjadi tidak terlihat. Maka supaya judul terlihat kita harus menggunakan tool Freeze Panes.

Caranya adalah :
Simpan kursor di cell B4.


Kemudian pilih menu View Freeze Panes.

Kemudian scroll data sampai no 15, Maka hasilnya :


Terlihat walaupun data discroll sampai dengan no 15, judul kolom masih tetap bisa kita lihat, sehingga akan memudahkan kita dalam membaca data tersebut.

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada kesalahan.
Salam Blogger…

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇