Cara Agar Faham Rumus IF Excel dengan Mudah ~ Matematika Akuntansi -->

Friday, December 13, 2019

Cara Agar Faham Rumus IF Excel dengan Mudah

Dalam Ms. Excel kita dapat mempermudah pekerjaan pengolahan data dengan rumus-rumus yang telah tersedia. Misalnya dalam pembuatan laporan. Jika kita sudah merancang rumus untuk membuat laporan, maka pada saat pembuatan laporan berikutnya kita hanya tinggal memasukan data kuncinya saja agar laporan tersebut bisa dibuat.

Rumus IF adalah rumus Excel yang dianggap sulit. Butuh pemahaman yang mendalam agar kita dapat mengoperasikan rumus ini. Kali ini saya akan mengajarkan atau membedah rumus IF agar menjadi lebih mudah untuk difahami.

Untuk mengoperasikan rumus tersebut kalian harus faham terlebih dahulu syntaxnya.

Syntax rumus IF :
=IF(logial_test; [value_if_true];[value_if_false]

Keterangan :
logical test : Cell yang akan diuji nilai logikanya
value_if_true : Nilai yang ditampilkan jika benar
value _if_false : Nilai yang ditampilkan jika salah

Untuk memahami lebih lanjut, maka kita langsung saja praktek. Misalkan kita punya data seperti gambar di bawah ini :


Gambar di atas adalah gambar data peserta pendonor darah. Dari ke-5 peserta tersebut hanya yang memiliki darah O sajalah yang akan diambil darahnya. Untuk mengisi kolom D maka kita dapat menggunakan rumus IF.

Rumus :
=IF(C5="O";"Bisa";"Tidak Bisa")


Setalah rumus dimasukan maka klick enter dan tarik rumus sampai ke paling bawah data. Maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini :


Bagaimana sangat mudah kan rumus IF itu ?? 

Jika masih susah bisa teman-teman bertanya dikolom komentar. Atau nanti saya akan mencari cara untuk membuatkan artikel tentang IF dengan pembahasan yang lebih mudah difahami lagi.

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada kelasalahan.
Salam Blogger…

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇