Perbedaan Perbandingan Senilai dan Perbandingan Berbalik Nilai ~ Matematika Akuntansi -->

Tuesday, December 19, 2017

Perbedaan Perbandingan Senilai dan Perbandingan Berbalik Nilai

Perbandingan merupkan sesuatu yang sering kali dipakai dalam pekerjaan kita sehari-hari. Seorang yang akan mempkerjakan manusia tentunya akan menggunkan ilmu perbandingan, untuk membangun rumah tentunya memerlukan perbandingan, dan bahkan untuk membuat segelas sirupun sadar atau tidak sadar kita menggunakan ilmu perbandingan.

Namun wajib anda ketahui dalam matematika ada dua macam perbandingan yaitu perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai. Kali ini saya akan menjelaskan tentang perbedaan perbandingan senilai dan perbedaan berbalik nilai.

Perbandingan Senilai

Perbandingan senilai adalah suatu perbandingan yang apabila suatu nilai ditambah maka jumlah pembandingnya juga bertambah. Misalkan dalam membangun 1 rumah diperlukan 2 sac semen, maka itu artinya jika ingin membangun lebih dari 1 rumah makan akan diperlukan lebih dari 2 sac semen pula.

Contoh :
Jika untuk membangun 1 rumah hanya diperlukan 4sac semen, maka berapa semen yang dibutuhkan jika ingin membangun 3 rumah ?

Jawaban : 
1 rumah = 4sac semen
3 rumah = ..

untuk mengerjakan soal perbandingan kita langsung kali silang saja maka, 
1 rumah x .. = 3 rumah x 4sac semen
1 rumah x .. = 3 rumah x 4sac semen
.. = 12 sac semen

Maka jawabannya adalah diperlukan 12sac semen untuk membangun 3 buah rumah.

Perbandingan Berbalik Nilai

Perbandingan berbalik nilai adalah perbandingan yang apabila nilainya ditambah maka nilai pembandinggnya malah berkurang. Misalkan dibutuhkan 6 orang untuk mengerjakan 1 buah rumah dalam waktu 2 hari, perbadingan seperti ini secara logika nilai pembanding akan berkurang apabila nilai bukan pembandingnya ditambah.

Contoh :
Dibutuhkan 6 orang untuk menmbangun 1 buah rumah dalam waktu 2 hari. Berepa lama kah rumah bisa dibangun jika ada 12 orang pekerja ?

Jawaban :
6 orang = 2 hari
12 orang = ...

Untuk mengerjakan soal perbandingan berbalik nilai, kita tidak bisa langsung mengkalisilangkan, akan tetapi membalikan dahulu salah satu ruas yang asalnya dibawah menjadi di atas dan begitupun sebaliknya, maka :

12 orang = 2 hari
6 orang = ...

Jika sudah ditukar yang atas dan yang bawah dalam salah satu ruas, maka langsung saja lakukan kali silang !

12 orang x ... =  6 orang x 2 hari
12 orang x ... =  6 orang x 2 hari
12  x ... =  12 hari
... =  12/12 hari
... = 1 hari

Maka apabila dikerjakan oleh 12 orang akan lebih cepat yaitu menjadi hanya 1 hari saja.

jadi pada intinya perbandingan senilai itu adalah perbanding yang apabila suatu nilai bukan pembandingnya ditambah maka nilai pembandingnyapun akan ikut bertambah, dan perbandingan berbalik nilai adalah suatu perbandingan yang apabila nilai bukan bukan pembandingnya ditambah maka nilai pembandingnya akan berkurang.

Ada ciri khusus untuk membedakan apakah suatu soal harus dikerjakan dengan menggunakan cara perbandingan sanilai atau dengan menggunakan cara perbandingan barbalik nilai, yaitu apabila perbandingan senilai adalah selalu berkaitan dengan jumlah atau kuantitas dan apabila perbandingan berbalik nilai biasanya selalu berkaitan dengan kecepatan atau waktu.

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Akhir kata wssalamualakikum wr. wb.

Referensi :
  • Pengalaman pembelajaran sekolah

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇