Cara Agar Anak Pintar Matematika ~ Matematika Akuntansi -->

Sunday, December 10, 2017

Cara Agar Anak Pintar Matematika

Matematika adalah mata pelajaran yang sangat ditakuti oleh para siswa. Bahkan sampai ada siswa yang tidak mau masuk ke sekolah ketika ada mata pelajaran matematika. Hal tersebut dapat menjadi beban fikiran untuk orang tua para siswa.

Namun pertanyaannya, hal apa yang sebenarnya bisa membuat siswa maupun siswi ketakutan akan pelajaran matematika ?
Kali ini saya tidak akan menggurui, mengajarkan, atau memberikan ilmu, namun saya hanya akan berbagi pengalaman saya. Dahulu ketika saya duduk dibangku sekolah dasar saya sangat benci dan takut dengan mata pelajaran matematika. Bahkan saya pernah mendapatkan nilai 0 dalam pelajaran matematika. Namun ketika SMP saya menjadi senang pada pelajaran matematika, bahkan saya pun direkomendasikan mengikuti olimpiade matematika karena nilai matematika saya tertinggi dalam sekolah. Pertanyaanya mengapa saya bisa menyukai matematika ketika masuk ke bangku SMP ??
Jawabannya adalah :

1. Didikan Orang Tua
Didikan orang tua sangat berpengaruh terhadap anaknya. Dulu ketika saya mendapatkan nilai 0 dalam pelajaran matematika, saya habis dimarahi oleh ibu saya. Namun karena itu lah saya menjadi berfikir bagaimana caranya saya bisa mendapat nilai matematika yang bagus supaya tidak kena marah orang tua saya. Dari situ lah saya bisa termotivasi untuk mendapatkan nilai yang baik dalam pelajaran matematika.

2. Karakter Guru
Rupanya karakter guru sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran. Bagaimana seorang guru mengajar akan sangat berpengaruh kepada para siswanya. Ketika siswa mendapatkan guru yang cerdas dalam mengajar, maka ilmu pun mudah diserap oleh para siswa tersebut. 

3. Sukai Matematika
Ternyata penyebab utama yang paling dominan adalah kita tidak menyukai matematika. Jikalau kita suka akan suatu benda, maka kita pasti ingin memilikinya walaupun benda tersebut dibilang jelek oleh orang lain. Maka dari itu jika ingin faham matematika kita harus sukai dulu mata pelajaran tersebut, karena jika kita telah menyukai mata pelajaran tersebut, ketika kita mendapatkan guru yang buruk sekali pun kita akan tetap belajar sendiri dari berbagai sumber.

Nah jadi cara agar anak pintar matemtika adalah dengan mendidik anak agar menyukai matematika terlebih dahulu. Ceritakan kepada mereka tentang keindahan matematika, beritahu mereka kalo seorang arsitek itu sangat keren dan banyak uangnya, beri tahu kepada mereka jika detektif itu sebenarnya menggunakan prinsip matematika, dan lain sebagainya. Jika anak sudah menyukai matematika maka saya jamin ia akan mahir dalam pelajaran matematika.

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.

Referensi :

  • Google
  • Pengalaman hidup

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇