Keselamatan Dan Keamanan Gudang ~ Matematika Akuntansi -->

Thursday, September 28, 2017

Keselamatan Dan Keamanan Gudang

Kondisi-kondisi yang kita harapkan yakni nyaman untuk bekerja, aman untuk menyimpan barang dan ramah terhadap semua yang masuk maupun keluar dari gudang baik manuis, barang, maupun system yang mendukungnya.

Meliputi pencegahan dan peringatan terhadap :

Pencurian
Misalnya memasang pagar, pengawasan keluar masuk, memasang kamera cctv, memasang lampu sorot, membuat ruang penyimpanan khusus, dan lain sebagainya.

Kebakaran
Membuat ventilasi, mempunyai alat pemadam kebakaran, Pergudangan khusus/terpisah untuk barang-barang yang mudah terbakar.

Dinding, Atap, Lantai
Pastikan dinding, atap, lantai gudang dalam kondisi yang baik, tidak bolong-bolong atau mudah untuk memasukan/mengeluarkan barang/munusia. Yakinkan juga bahwa dinding gudang tidak rapuh sehingga mudah rubuh.

Pallet, Rak
Paku yang menonjol di atas permukaan pallet sering kali dianggap sebagai hal biasa. Rak yang tanpa paku "sok" yang menancap di tiang-tiangnya mungkin juga sering dianggap biasa, padaha seperti halnya pallet tanpa paku "sok" tsb kekuatan ikat antar besi rak menjadi lemah pada saat forklift mengangkat pallet dari rak jika menyentuh rak diatasnya maka bisa fatal.

Forklift, Hand Pallet, Loading dock
Perawatan forklift, hand pallet maupun loading dock yang dilakukan secara rutin dan terjadual akan memberikan "garansi" keamanan dan keselamatan.

Akurasi Penempatan Barang
Akurasi antara data di system pergudangan dengan fisik barang boleh jadi menjadi taruhan nama nomor satu dalam bidang logistik.

Tikus, Lalat
Memang kebanyakan gudang-gudang modern sudah bekerja sama dengan kontraktor pest control yang cukup kualified untuk mengontrol tikus, nyamuk, lalat, dan sejenisnya.

Tanda Peringatan Keselamatan
Tanda peringatan dan poster atau spanduk keselamatan juga sangat perlu untuk dikampanyekan disetiap sudut strategis di dalam gudang untuk mengingatkan semua karyawan.

Pakaian kerja dan Perlengkapan Karyawan
Sekali lagi untuk masalah keselamatan dan keamanan kerja tidak ada toleransi yang dapat mengamini untuk dilakukan pelanggaran.

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.
Referensi :

  • S. Pandiangan

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇