Cara Menentukan Himpunan Penyelesaian Persamaan Linier Satu Variabel ~ Matematika Akuntansi -->

Saturday, November 26, 2016

Cara Menentukan Himpunan Penyelesaian Persamaan Linier Satu Variabel

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel Cara Menentukan Himpunan Penyelesaian Persamaan Linier Satu Variabel, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !!

Cara Menentukan Himpunan Penyelesaian Persamaan Linier Satu Variabel

Sebelum teman-teman menentukan himpunan penyelesaian persamaan linier satu variabel, teman-taman harus alias wajib memperhatikan terlebih dahulu hal-hal di bawah ini :
  • Nilai persamaan tidak berubah jika pada ruas kiri dan kanan ditambah atau dikuarangkan dengan bilangan negatif atau bilangan positif yang sama.
  • Nilai persamaan tidak berubah jika pada ruas kiri dan kanan dikalikan atau dibagi dengan bilangan positif yang sama.
Jika teman-teman sudah membaca dan memahami dua hal di atas, maka kita lanjut yu kelangkah-langkahnya :

Cara Menentukan Himpunan Penyelesaian Persamaan Linier Satu Variabel

Langkah-langkah cara menentukan himpunan penyelesaian persamaan linier satu variabe:
  1. Jika variabel dan konstanta terdapat di sebelah kiri dan sebelah kanan "=", maka kelompokan variabel dengan variabel dan letakan di sebelah kiri, kemudian konstanta dengan konstanta letakka di sebelah kanan "=", atau sebaliknya. Ingatt saat memindahkan variabel atau konstanta dari sebelah kiri ke sebelah kanan atau sebaliknya, maka tandanya berubah dari "+" menjadi "-" atau sebaliknya.
  2. Jika beberapa variabel suda dikelompokan sebelah kiri maka beberapa konstanta di sebelah kanan atau sebaliknya. Jumlahkan atau kurangkan variabel tersebut begitu juga konstantanya seperti menjumlahkan bilangan bulat.
  3. Jika konstanta sudah bergabung menjadi satu bilangan begitu juga variabelnya, maka bagilah gabungan konstanta dengan koefisien dari gabungan variabel tersebut.
  4. Jika bertemu dengan angka pecahan, baik yang sebelah kiri atau sebelah kanan "=", maka lebih baik kalikan dengan KPK dari penyebut pecahan tersebut.
Biar lebih faham yu kita praktikan dalam contoh soal berikut ini :

Contoh :

Tentukan himpunan penyelesaian dari 8x - 4 = 6x + 12 !!

Jawab :
Untuk menjawabnya kita ikuti langkah-langkah di atas :

Langka Ke - 1 :

Jika variabel dan konstanta terdapat di sebelah kiri dan sebelah kanan "=", maka kelompokan variabel dengan variabel dan letakan di sebelah kiri, kemudian konstanta dengan konstanta letakka di sebelah kanan "=", atau sebaliknya. Ingatt saat memindahkan variabel atau konstanta dari sebelah kiri ke sebelah kanan atau sebaliknya, maka tandanya berubah dari "+" menjadi "-" atau sebaliknya.
8x - 4 = 6x + 12, maka :
8x - 6x = 12 + 4

Langkah Ke - 2 :

Jika beberapa variabel suda dikelompokan sebelah kiri maka beberapa konstanta di sebelah kanan atau sebaliknya. Jumlahkan atau kurangkan variabel tersebut begitu juga konstantanya seperti menjumlahkan bilangan bulat.
8x - 6x = 12 + 4, maka :
2x = 16

Langka Ke - 3 :

Jika konstanta sudah bergabung menjadi satu bilangan begitu juga variabelnya, maka bagilah gabungan konstanta dengan koefisien dari gabungan variabel tersebut.
2x = 16, maka :
x = 16/2
x = 8

Langkah Ke - 4 

Jika bertemu dengan angka pecahan, baik yang sebelah kiri atau sebelah kanan "=", maka lebih baik kalikan dengan KPK dari penyebut pecahan tersebut.
Karen hasilnya tidak berbentuk pecahan maka sudah saja hasilnya :
x = 8

Jadi himpunan penyelesaian dari 8x - 4 = 6x + 12 adalah HP = 8.

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Referensi :
  • Buku matematika SMK Bisnis dan Managemen kelas 10 karangan To'ali

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇