Rumus Mencari Jari-jari Lingkaran Dalam Segitiga ~ Matematika Akuntansi -->

Wednesday, October 26, 2016

Rumus Mencari Jari-jari Lingkaran Dalam Segitiga

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Rumus Mencari Jari-jari Lingkaran Dalam Segitiga, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !

Rumus Mencari Jari-jari Lingkaran Dalam Segitiga

Rumus :

r = √s(s-a)(s-b)(s-c) / s atau r = Lsegitiga / s

Keterangan :
r = Jari-jari lingkaran
s = 1/2 Keliling segitiga
a = Sisi a segitiga
b = Sisi b segitiga
c = Sisi c segitiga

Contoh soal :

Berapakah jari-jari lingkaran pada gambar di bawah ini !
Jawab :
Diketahui :
a = 3cm
b = 4cm
c = 5cm
s = 1/2 (a + b + c)
s = 1/2 (3cm + 4cm + 5cm)
s = 1/2 (12cm)
s = 6cm

Ditanyakan :
r = ..???

Maka kita gunakan rumus mencari jari-jari lingkaran dalam segitiga :
r = √6cm(6cm - 3cm)(6cm - 4cm)(6cm - 5cm) / 6cm
r = √6cm(3cm)(2cm)(1cm) / 6cm
r = √36cm4 / 6cm
r = 6cm2 / 6cm
r = 1cm

Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇