Hutang jangka panjang ~ Matematika Akuntansi -->

Friday, April 18, 2014

Hutang jangka panjang

 PENGERTIAN UTANG
Htang adalah Kewajiban suatu badan usaha / perusahaan kepada pihak ketiga yang dibayar dengan cara menyerahkan aktiva atau jasa dalam jangka waktu tertentu sebagai akibat dari transaksi di masa lalu.

Penggolongan Utang
Utang perusahaan digolongkan menjadi :
a.Utang jangka pendek adalah utang yang jatuh tempo dalam jangka waktu kurang dari satu tahun. Contoh : utang usaha / dagang, utang wesel, beban yang masih harus dibayar , utang hadiah, utang garansi dan lain lain.

b.Utang jangka panjang adalah utang yang pelunasannya akan dilakukan dalam jangka waktu lebih dari satu tahun. Contoh : utang hipotik, utang obligasi, utang bank dan lain – lain.

Metode pencatatan utang
Ada dua metode pencatatan utang, yaitu account payable procedure dan voucher payable procedure.
Dalam account payable procedure, catatan utang adalah berupa kartu utang yang diselenggarakan untuk setiap kreditur, yang memperlihatkan catatan mengenai nomor faktur dari pemasok, jumlah yang terutang, jumlah pembayaran, dan saldo utang.

Dalam voucher payable procedure, tidak menggunakan kartu utang. Tapi menggunakan arsip voucher yang disimpan dalam arsip menurut abjad atau menurut tanggal jatuh temponya. Arsip bukti kas keluar ini berfungsi sebagai catatan utang.

Hutang Jangka Pendek
hutang yang pembyarannya dalam jangka pendek adalah :
1.hutang (Account payable),yaitu hutang jangka pendek tidak disertai perjanjian tertulis.timbulnya karena transaksi pembelian kredit

2.wessel bayar ( notes payable),yaitu : hutaang jangka pendek yang disertai perjanjian tertuli sesuai dengan ketentuan undang -undang
timbulnya wessel bayar.
-mengaksep wessel
-menyerahkan promes/aksep

3. beban-beban yang harus dibayar ( Accruals payable) yaitu:suatu kewajiban yang telah menjadi beban (seharusnya sudah di bayar) tetapi belum dibayar karena belum saat pembayaraanya.

contoh ;

a.upah ymh dibayar ( accrued wages payable)
b.bunga ymh dibayar ( accrued insterest payable)
c.sewa ymh dibayar (accrued rent payable)
d.pajak ymh dibayar ( accrued tax payable)

4. penghasilan yang ditangguhkan (deferred revanue),yaitu : penerimaan persekot pembayaran dari pihak lain.(penghasilan yang belum menjdi hak perusahaan  tetapi sudah diterima)

contoh :
a). bunga diterim di muka ( interest received in advance )
b).sewa diterima dimuka ( rent collected in advance)

Hutang Jangka Panjang
hutang jangka panjang yaitu: hutang perusahaan kepada pihak lain yang pelunasannya dalam jangka panjang ( lebih dari satu tahun) dihitung dari tanggal neraca.

jenis-jenis long term debts:
1).hutang hipotik ( mortage notes payable),yaitu: hutang jangka panjang dengan jaminan aktiva tetap
2).Pinjaman obligasi ( bond payable),yaitu; surat tanda berutang kepada pemegang dengan pembayaran bunga yang pelunasannya lebih dari satu tahun.
CONTOH :

Pasiva
HUTANG JANGKA PENDEK
Hutang                                                      RP.
Wessel bayar                                            RP.
Biaya yang masih harus  dibayar                RP.
Penghasilan diterima dimuka                      RP


HUTANG JANGKA PANJANG
Hutang hipotek                                          RP.
Pinjaman obligasi                                       RP.

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇