Pengertian Komunikasi
Bisnis
Komunikasi bisnis
pada sebuah organisasi memegang peranan penting terhadap jalannya bisnis
tersebut. Setiap interaksi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari, tanpa
disadari telah terjadi pertukaran informasi dari sumber kepada penerimanya. Hal
inilah yang mendasari aktivitas komunikasi dalam kehidupan kita.
Dalam bisnis
diperlukan kemampuan komunikasi bisnis yang amat penting untuk tercapainya
sebuah tujuan
organisasi. Seperti, saat memberikan instruksi kepada bawahan, menghadapi
klien atau memberikan tanggapan terhadap pelanggan dibutuhkan keahlian terhadap
komunikasi bisnis yang baik. Terdapat 6 unsur pokok dalam komunikasi bisnis
yaitu :
1. Tujuan – Aktivitas komunikasi harus
dijalani sejalan dengan tujuan organisasi yang sebelumnya telah ditetapkan.
2. Pertukaran – Pertukaran pesan
(informasi) bisnis melibatkan sedikitnya dua orang atau lebih sebagai
komunikator dan komunikan.
3. Ide – Bentuk pesa bisa beragam seperti
gagasan, opini, informasi, instruksi tergantung pada tujuannya, situasi, dan
kondisi.
4. Transmisi pesan – yaitu alat saluran
komunikasi personal atau impersonal yang bersifat tatap muka, dengan memakai
media tertentu atau melalui media yang menjangkau jutaan orang dalam waktu
bersamaan.
5. Simbol atau sinyal – penggunaan alat
atau sebuah metode yang dapat dipahami oleh penerima untuk menyampaikan pesan.
6. Pencapaian tujuan organisasi –
Karakteristik yang membedakan antara organisasi atau lembaga formal terhadap
informasi, adalah tujuan sukses berbisnis yang telah
ditetapkan sebelumnya oleh manajemen.
Pengertian
Komunikasi Bisnis
Pengertian
komunikasi bisnis merupakan sebuah proses pertukaran pesan (informasi) untuk
mencapai efektivitas dan efisiensi produk kerja di dalam struktur organisasi (jenjang / level)
pada sistem organisasi yang kondusif. Pada kegiatan komunikasi
bisnis, pesan yang disampaikan hendaknya tidak hanya bersifat informatif
semata, namun juga bersifat persuasif untuk memberikan pemahaman pada pihak
lain agar mengerti dan bersedia menerima suatu keyakinan untuk melakukan suatu
perbuatan atau kegiatan.
Kemudian
pembahasan pengertian komunikasi bisnis menurut para ahli, mengemukakan
pendapatnya yaitu :
“Komunikasi bisnis
adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yangg mencakup berbagai
macam bentuk komunikasi baik komunikasi verbal maupun non verbal.” (
Purwanto, Djoko. 2003. Komunikasi Bisnis. Jakarta : Erlangga )
“Komunikasi Bisnis
adalah kegiatan yang meliputi pengiriman dan penerimaan pesan-pesan di antara
dua orang, kelompok kecil atau dalam satu lingkungan atau lebih dengan tujuan
untuk mempengaruhi perilaku di dalam suatu organisasi.” ( Floyd, James J
dkk. 2006. Komunikasi Bisnis dan Profesionalisme. Bandung : Rosdakarya )
Pentingnya
Komunikasi Bisnis
Bagi seorang
manajer dituntut memiliki kemampuan untuk membicarakan mengenai ide gagasan dan
tujuan dalam lingkungan organisasi tersebut untuk kemajuan di masa depan.
Pentingnya kemampuan komunikasi bisnis juga hal penting untuk bagaimana
menyampaikan produk atau jasa yang dimilikinya kepada para pelanggan. Berbagai
kendala yang mungkin dihadapi seorang manajer yang dihadapi dalam komunikasi
bisnis, antara lain :
· Struktur komunikasi yang buruk
· Penyampaian yang lemah
· Penggunaan media yang salah
· Pesan yang campur aduk
· Salah Audience
· Lingkungan yang mengganggu
Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇