Komunikasi Bisnis ~ Matematika Akuntansi -->

Friday, April 18, 2014

Komunikasi Bisnis


Pengertian Komunikasi Bisnis

Komunikasi bisnis pada sebuah organisasi memegang peranan penting terhadap jalannya bisnis tersebut. Setiap interaksi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari, tanpa disadari telah terjadi pertukaran informasi dari sumber kepada penerimanya. Hal inilah yang mendasari aktivitas komunikasi dalam kehidupan kita.
Dalam bisnis diperlukan kemampuan komunikasi bisnis yang amat penting untuk tercapainya sebuah tujuan organisasi.  Seperti, saat memberikan instruksi kepada bawahan, menghadapi klien atau memberikan tanggapan terhadap pelanggan dibutuhkan keahlian terhadap komunikasi bisnis yang baik. Terdapat 6 unsur pokok dalam komunikasi bisnis yaitu :
1.     Tujuan – Aktivitas komunikasi harus dijalani sejalan dengan tujuan organisasi yang sebelumnya telah ditetapkan.
2.    Pertukaran – Pertukaran pesan (informasi) bisnis melibatkan sedikitnya dua orang atau lebih sebagai komunikator dan komunikan.
3.    Ide – Bentuk pesa bisa beragam seperti gagasan, opini, informasi, instruksi tergantung pada tujuannya, situasi, dan kondisi.
4.    Transmisi pesan – yaitu alat saluran komunikasi personal atau impersonal yang bersifat tatap muka, dengan memakai media tertentu atau melalui media yang menjangkau jutaan orang dalam waktu bersamaan.
5.    Simbol atau sinyal – penggunaan alat atau sebuah metode yang dapat dipahami oleh penerima untuk menyampaikan pesan.
6.    Pencapaian tujuan organisasi – Karakteristik yang membedakan antara organisasi atau lembaga formal terhadap informasi, adalah tujuan sukses berbisnis yang telah ditetapkan sebelumnya oleh manajemen.

Pengertian Komunikasi Bisnis

Pengertian komunikasi bisnis merupakan sebuah proses pertukaran pesan (informasi) untuk mencapai efektivitas dan efisiensi produk kerja di dalam struktur organisasi (jenjang / level) pada sistem organisasi yang kondusif. Pada kegiatan komunikasi bisnis, pesan yang disampaikan hendaknya tidak hanya bersifat informatif semata, namun juga bersifat persuasif untuk memberikan pemahaman pada pihak lain agar mengerti dan bersedia menerima suatu keyakinan untuk melakukan suatu perbuatan atau kegiatan.
Kemudian pembahasan pengertian komunikasi bisnis menurut para ahli, mengemukakan pendapatnya yaitu :
“Komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yangg mencakup berbagai macam bentuk komunikasi baik komunikasi verbal maupun non verbal.” ( Purwanto, Djoko. 2003. Komunikasi Bisnis. Jakarta : Erlangga )
“Komunikasi Bisnis adalah kegiatan yang meliputi pengiriman dan penerimaan pesan-pesan di antara dua orang, kelompok kecil atau dalam satu lingkungan atau lebih dengan tujuan untuk mempengaruhi perilaku di dalam suatu organisasi.” ( Floyd, James J dkk. 2006. Komunikasi Bisnis dan Profesionalisme. Bandung : Rosdakarya )

Pentingnya Komunikasi Bisnis

Bagi seorang manajer dituntut memiliki kemampuan untuk membicarakan mengenai ide gagasan dan tujuan dalam lingkungan organisasi tersebut untuk kemajuan di masa depan. Pentingnya kemampuan komunikasi bisnis juga hal penting untuk bagaimana menyampaikan produk atau jasa yang dimilikinya kepada para pelanggan. Berbagai kendala yang mungkin dihadapi seorang manajer yang dihadapi dalam komunikasi bisnis, antara lain :
·         Struktur komunikasi yang buruk
·         Penyampaian yang lemah
·         Penggunaan media yang salah
·         Pesan yang campur aduk
·         Salah Audience
·         Lingkungan yang mengganggu



Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇