Cara Cepat Penjumlahan Bilangan Negatif ~ Matematika Akuntansi -->

Saturday, October 22, 2016

Cara Cepat Penjumlahan Bilangan Negatif

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Cara Cepat Penjumlahan Bilangan Negatif, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !

Cara Cepat Penjumlahan Bilangan Negatif

Biasanya teman-teman mengerjakan penjumlahan pada bilangan negatif menggunakan garis bilangan, namun menurut saya cara itu akan memakan banyak waktu. Dengan menggunakan fikiran teman-teman sebenarnya bisa teman-teman untuk mengerjakan penjumlahan bilangan negatif.
Ada 3 macam penjumlahan pada bilangan negatif, diantaranya adalah :
  1. Penjumlahan bilangan negatif dengan positif
  2. Penjumlahan bilangan positif dengan negatif
  3. Penjumlahan bilangan negatif dengan negatif

1. Cara cepat penjumlahan bilangan negatif dengan positif

Wajib teman-teman ingat bahwa :

Apabila bilangan negatif dikurangi positif maka sama saja dengan kita tukar posisi satu sama lain kedua bilangan tersebut, misalkan :
-a + b = c
Maka kita tukar menjadi :
+b - a = c

Contoh soal :
-1 + 2 = .. ???

Jawab :
Untuk mempercepat dan mempermudah kita tidak perlu garis bilangan untuk mengerjakan soal ini, tapi kita tukar posisi kedua bilangan tersebut, maka :
-1 + 2 = ....
Kita tukar menjadi :
+2 - 1 = 1

2. Cara cepat penjumlahan bilangan positif dengan negatif

Wajib diingat bahwa :

Apabila bilangan positif ditambah bilangan negatif maka sama saja dengan bilangan positif dikurangi bilangan positif, misalkan :
a + (-b) = a - b

Contoh soal :
1 + (-2) = ... ??

Jawab :
Karena a + (-b) = a - b, maka :
1 + (-2) = 1 - 2
1 + (-2) = -1 

3. Cara cepat Penjumlahan bilangan negatif dengan negatif

Wajib diingat bahwa :

Apabila bilangan negatif di tambah negatif sama saja dengan memperbanyak bilangan negatif tersebut.

Contoh soal :
-1 + (-2) = .... ???

Jawab :
Karena menerut ketentuan di atas bahwa apabila bilangan negative di tambah bilangan negative akan memperbanyak bilangan negative tersebut maka :
-1 + (-2)  = -3.

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Saya Sarankan baca juga artikel :
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇