Cara Memisahkan Kata Di Excel Dalam Satu Kolom Menjadi Beberapa Kolom ~ Matematika Akuntansi -->

Sunday, August 27, 2023

Cara Memisahkan Kata Di Excel Dalam Satu Kolom Menjadi Beberapa Kolom

Dalam Microsoft Excel kita bisa memodifikasi data dengan berbagai macam cara. Banyak hal yang bisa dilakukan oleh Microsoft Excel dalam membantu kita mengolah data. Salah satunya adalah memisahkan kata-kata.

Pernahkah anda mendapatkan data berantakan dalam satu cell excel atau kolom ?

Misalnya seperti gambar di bawah ini :

Data Excel dengan tanda pemisah titik koma

Data diatas merupakan data nama kota dan suatu alamat daerah tertentu. Namun, data tersebut bentuknya tidak rapih yaitu data Nama Kota dan Alamat berada dalam satu cell atau kolom yang dipisahkan dengan tanda titik koma.

Jika anda menemui dengan jenis data seperti ini atau mirip dengan ini, maka anda sudah benar berkunjung ke artikel ini. Karena kali ini kami Matematika Akuntansi akan membahas mengenai cara memisahkan kata yang berantakan.

Cara Memisahkan Kata Di Excel

Untuk memisahkan kata dalam excel bisa dengan menggunakan fitur Microsoft Excel yang ada di menu Data yaitu Fitur Text to Columns

Text to Columns adalah suatu fitur Microsoft Excel yang bisa membagi atau memisahkan isi sebuah cell menjadi beberapa kolom.

Jadi kita dapat memisaahkan data yang berantakan dengan menggunakan fitur Text to Columns. 

Untuk lebih memahaminya, maka marilah kita langsung praktik memisahkan kata di excel dalam satu kolom. Untuk praktik, kita gunakan data di bawah ini :

contoh data berantakan

Langkah-Langkah Cara Memisahkan Kata Di Excel Dalam Satu Kolom Menjadi Beberapa Kolom

Untuk memisahkan datanya agar menjadi lebih rapih, maka ikutilah langkah-langkah di bawah ini :

  1. Block data yang akan dipisahkan kata-katanya
    Langkah yang pertama harus anda lakukan adalah anda harus menseleksi atau memblok data yang akan dipisahkan kata-katanya. Pada contoh kali ini artinya kita harus memblock cell A1 s.d. A11. Lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini :
    seleksi data excel yang berantakan

  2. Masuk ke Fitur Text to Columns
    Untuk masuk ke fitur Text to Columns, anda harus mamilih terlebih dahulu menu Data di excel dan kemudian lihat pada bagian Data Tools dan kemudian pilih Text to Columns. Atau langkahnya pilih menu Data → lihat bagian Data Tools → Pilih Text to Columns. Lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini :
    pilih menu Home kemudian pilih Text to Columns

  3. Pilih  Fixed width di jendela Convert Text to Columns Wizard - Step 1 of 3 dan kemudian pilih Next
    Setelah jendela Convert Text to Columns Wizard Step - 1 of 3 muncul maka anda coba pilih Fixed width dan kemudian pilih Next. Lebih jelasnya bisa lihat gambar di bawah ini :
    Convert Text to Columns Wizard - Step 1 of 3

  4. Di jendela Convert Text to Columns Wizard - Step 2 of 3, Ceklis Other dibagian Delimters dan isikan tanda pemisahnya dibagian text boxnya, pada contoh kali ini kita gunakan tanda titik koma.
    Setelah jendela Convert Text to Columns Wizard - Step 2 of 3 anda ceklis Other di bagian Delimters dan kemudian isi text boxnya dengan tanda titik koma kemudian pilih Next. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini :
    Convert Text to Columns Wizard - Step 2 of 3

  5. Pilih Finish di jendela Convert Text to Columns Wizard - Step 3 of 3
    Setelah muncul jendela Convert Text to Columns Wizard - Step 3 of 3 kemudian anda pilih Finish. Lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini :
    Convert Text to Columns Wizard - Step 3 of 3

    Setelah mengklick Finish, maka hasilnya akan menjadi :
    Contoh data yang telah di convert Text to Columns

Jadi pada intinya untuk memisahkan kata di excel bisa dengan menggunakan fitur Microsoft Excel Text to Columns. Anda juga bisa memodifikasi langkah diatas sesuai dengan masalah anda. Misalnya jika data anda dipisahkan bukan dengan tanda titik koma namun datanya dipisahkan dengan tanda koma, maka anda harus pilih dan isi Delimeters dengan tanda koma.

Demikian artikel kali ini.
Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Apabila ada yang ingin ditanyakan atau disampaikan, silahkan untuk menulis pada kolom komentar di bawah.

Referensi :

  • Google.com

Salam,

Muhamad Pajar Sidik

President Director of (matematikaakuntansi.blogspot.com)
Email fajarmoehamad@gmail.com
IG @mupasid


Jika anda memiliki masalah yang sejenis dengan artikel ini, anda juga bisa baca artikel kami tentang Cara Memisahkan Isi Cell Di Excel.

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇