Tahukah anda rumus excel apa yang bisa digunakan untuk menghitung hari kerja ?
Jika anda belum tau, maka kali ini kami akan berbagi ilmu tentang rumus excel untuk menghitung hari kerja. Untuk menghitung hari kerja dalam Ms. Excel bisa dilakukan dengan menggunakan rumus NETWORKDAYS.
Berikut ini adalah syntax dari rumus NETWORKDAYS :
=NETWORKDAYS(start_date, end_date, [holidays])
Keterangan :
- NETWORKDAYS adalah rumus atau fungsi excel untuk menghitung hari kerja;
- start_date adalah tanggal mulai kerja atau tanggal masuk kerja;
- end_date adalah tanggal berakhir kerja atau tanggal keluar;
- holidays adalah hari libur atau tanggal merah.
Catatan :
- Hari Sabtu dan Minggu tidak dihitung dalam perhitungan rumus NETWORKDAYS;
- Gunakan pemisahan rumus tanda koma dan tanda titik koma sesuai dengan settingan komputer anda.
Contoh :
Untuk lebih mudah memahami rumus NETWORKDAYS, marilah kita pelajari dan praktikan pada contoh di bawah ini. Misalkan kita punya data sebagai berikut :
Dari data di atas terlihat suatu data :
- Nama : Pajar (berada pada cell A2)
- Tanggal masuk : 01 Februari 2023 (berada pada cell B2)
- Tanggal keluar : 12 Februari 2023 (berada pada cell C2)
- Tanggal merah pada bulan Februari : 07 Februari 2023 (berada pada cell D2)
Maka untuk menghitung hari kerjanya, masukanlah rumus di bawah ini ke dalam cell E2 :
=NETWORKDAYS(B2;C2;D2)
Maka setelah ditekan tombol Enter hasilnya akan menjadi :
Jadi lama kerja Pajar adalah 7 hari kerja yang dimulai dari tanggal 01 Februari 2023 s.d. tanggal 12 Februari 2023.
Demikian artikel kali ini.
Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Apabila ada yang ingin ditanyakan atau disampaikan, silahkan untuk menulis pada kolom komentar di bawah.
Referensi :
Salam,
Muhamad Pajar Sidik
President Director of (matematikaakuntansi.blogspot.com)
Email : fajarmoehamad@gmail.com
IG : @mupasid
Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇