Cara Membuat Absen Di Google Form ~ Matematika Akuntansi -->
Menu 👇
HomeAkuntansi | Ekonomi | Matematika | Ms. Excel
Toko Buku Sinar Pajar

Sunday, February 6, 2022

Cara Membuat Absen Di Google Form

Google Form adalah suatu aplikasi berbasis web yang cukup lumayan populer digunakan oleh banyak orang. Produk aplikasi berbasis web buatan google ini memiliki kelebihan yaitu bisa membuat suatu formulir yang dapat diisi secara online. Tidak hanyak itu, google form juga dapat diintegrasikan dengan produk google yang lainnya seperti google sheet. Hasil isian dari formulir nantinya bisa ditampilkan di dalam google sheet dalam bentuk tabel.

Kali ini web Matematika Akuntansi akan berbagi ilmu tentang cara membuat absen di google form. Membuat absensi di google form merupakan salah satu kehebatan yang dimiliki oleh google form. Sebetulnya banyak sekali yang dapat dilakukan di dalam google form selain membuat form absensi secara online, misalnya seperti membuat form survey kepuasan pelanggan secara online, memuat formulir quisioner secara online, membuat test ujian secara online dan lain sebagainya. Namun, kali ni kami hanya akan berbagi ilmu tantang cara membuat absen di google form.

Berikut ini adalah cara membuat absen di google form :

1. Memiliki Akun Google

Hal yang pertama menjadi syarat untuk membuat absesnsi di google form adalah anda harus memiliki akun google terlebih dahulu. Jika anda belum memiliki akun google, maka silahkan untuk mendaftar akun google terlebih dahulu pada link di bawah ini :

https://accounts.google.com/SignUp?hl=en


2. Masuk Ke Link Akun Google Form

Setelah anda memiliki akun google, langkah selanjutnya adalah anda harus masuk ke link Google Form untuk masuk ke dalam aplikasi google form. Berikut ini adalah link masuk ke google form :

https://docs.google.com/forms/u/0/?tgif=d

Silahkan klink link tersebut untuk masuk ke google form.


3. Buatlah Tampilan Formulir Absen

Setelah anda masuk ke dalam link google form, maka anda bisa membuat tampilan formulir absen online dengan cara mengklick Blank di bagian Start a new form.


Setelah anda mengklick blank, maka akan muncul tampilan google form seperti gambar di bawah iin :


Setelah anda masuk ke tampilan design google form seperti gambar di atas, maka anda bisa menentukan atau memodifikasi tampilan google form sesuai dengan keinginan anda. Pada contoh kali ini misalnya :
  • Judul : Absensi Meeting Online
  • Deskripsi : Meeting tanggal 06 Februari 2022
  • Pertanyaan ke-satu : Nama Lengkap
  • Pertanyaan ke-dua : Jabatan

Keterangan :
  • Untuk menambahkan pertanyaan anda bisa klick Add question atau untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini :

Untuk melihat tampilan formulir anda bisa melihatnya di preview.


Maka tampilannya terlihat seperti gambar di bawah ini :


4. Membagikan Link Formulir

Sebetulnya sampai dengan langkah yang ke-tiga anda sudah bisa dikatakan anda sudah membuat Formulir absensi online dengan google form. Namun, tidak afdol jika kami tidak menjelaskan cara membagikan link google formnya. Untuk membagikan link google form yang telah anda buat, anda bisa klick Send seperti gambar di bawah ini :

Maka setelah itu akan muncul jendela Send Form.


Silahkan untuk isikan email tujuan apabila anda ingin membagikan formulir via email dan klick Send. Namun, jika anda ingin share link google form via media lainnya misalkan seperti share via whatsapp, maka anda klick simbol seperti gambar di bawah ini :


Anda juga bisa perpendek link dengan cara mengklick kotak centang Shorten URL dan kemudian copy link dan paste di whatsapp.

Demikian artikel kali ini.
Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Apabila ada yang ingin ditanyakan atau disampaikan, silahkan untuk menulis pada kolom komentar di bawah.

Referensi :

  • Google.com

Salam,

Muhamad Pajar Sidik

President Director of (matematikaakuntansi.blogspot.com)
Email fajarmoehamad@gmail.com
IG @mupasid

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇