Shortcut Excel Untuk Mempermudah Pekerjaan Kantor ~ Matematika Akuntansi -->

Friday, June 4, 2021

Shortcut Excel Untuk Mempermudah Pekerjaan Kantor


Shortcut adalah salah sebuah hasil tekhnologi yang dapat menjawab tuntutan manusia. Shortcut dapat membuat pekerjaan manusia menjadi lebih cepat berkali-kali lipat sesuai dengan kebutuhannya. 

Dalam Ms. Excel ada banyak shortcut yang dapat mempercepat pekerjaan terutama di bidang perkantoran. Kali ini kami akan berbagi ilmu tentang shortcut yang sangat membantu pekerjaan kantor, diantaranya adalah :

A. Basic Shortcut
  1. Ctrl + N Membuat workbook baru;
  2. Ctrl + O Membuka workbook yang sedang exis;
  3. Ctrl + S Menyimpan workbook yang sedang aktif;
  4. F12 Melakukan Save As;
  5. Ctrl + W menutup workbook yang sedang aktif;
  6. Ctrl + C Mencopy object dalam cell yang terpilih ke Clipboard;
  7. Ctrl + X Memindahkan object dalam cell yang terpilih ke Clipboard;
  8. Ctrl + V Memasukan konten dari clipboard ke dalam cell yang terpilih;
  9. Ctrl + Z Mengundo perintah sebelumnya;
  10. Ctrl + P Untuk membuka print dialog.

B. Shortcut Format Data
  1. Ctrl + 1 Mebuka jendela format cell;
  2. Ctrl + T Convert cell yang terpilih menjadi table. 

C. Shortcut Bermain Formula
  1. F4 membuat cell menjadi absolute, relative atau mixed;
  2. Ctrl + ` Beralih antara menampilkan nilai sel dan rumus:
  3. Ctrl + ' Menyisipkan rumus dari sel di atas ke dalam cell yang sedang di pilih atau Formula Bar.

D. Shortcut Navigasi Data
  1. Ctrl + F1 Memunculkan/atau menyembunyikan rebbon;
  2. ALT + Tab Pindah ke jendela Excel yang terbuka setelahnya;
  3. Ctrl + PgDown Pindah ke worksheet sebelahnya;
  4. Ctrl + PgUp Kembali ke worksheet sebelumnya;
  5. Ctrl + G Membuka jendela "Go to"
  6. Ctrl + F Memunculkan jendela Find;
  7. Home Kembali ke cell pertama;
  8. Ctrl + Home Pindah ke Cell pertama dimulainya pekerjaan;
  9. Ctrl + End Pindah ke akhir cell dari suatu pekerjaan.

E. Shortcut Entry Data
  1. F2 Edit suatu data di dalam cell;
  2. Alt + Enter membuat jarak Enter dalam suatu cell;
  3. Ctrl + ; memasukan tanggal pada hari tersebut;
  4. Ctrl + Shift + ; Memasukan waktu pada hari tersebut;
  5. Ctrl + Enter Melakukan enter dengan diam pada cell yang dipilih;
  6. Ctrl + D Menyalin conten dan format dari suatu cell pertama dari cell yang terpilih ke dalam cell yang ada di bawahnya;
  7. Ctrl + Y Mengulang atau masuk ke perintah yang sebelumnya diundo.

F. Shortcut Select Data
  1. Ctrl + A Menyeleksi seluruh data dalam worksheet;
  2. Ctrl + Home then Ctrl + Shift + End Memilih entire range seluruh data;
  3. Ctrl + Space Memilih entire Column;
  4. Shift + Space Memilih entire row.
Demikian artikel kali ini.
Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Apabila ada yang ingin ditanyakan atau disampaikan, silahkan untuk menulis pada kolom komentar di bawah.

Referensi :

  • www.ablebits.com

Salam,

Muhamad Pajar Sidik

President Director of (matematikaakuntansi.blogspot.com)
Email fajarmoehamad@gmail.com
IG @mupasid

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇